Belajar Akhlak dari Syekh Ja’far Shodik

Ulama ini yang dikenal dengan akhlaknya mulianya.

Syekh Ja’far Sodik adalah ulama masyhur yang bisa diteladani akhlaknya. Banyak kisah tentang keteladanan belia. Salah satunya ketika dituduh mencuri oleh seseorang.

Dikisahkan ada seorang jamah haji yang ketiduran di Madinah. Dalam keadaan setengah sadar ia memergoki ada bayangan hitam yang berkelebat di depannya. Ia pun terkejut dengan bayangan tersebut. Bayangan kemudian seperti mencuri sesuatu yang dimilikinya.

Lelaki itu langsung terjaga. Ia kemudian berdiri dan keluar dari masjid. Saat tiba di luar, ia berpapasan dengan Syekh Ja’far Shodik. Dengan penuh keyakinan ia kemudian menuduhnya mencuri kantong uangnya. Alasannya bahwa beliau adalah orang yang pertama kali dilihatnya.

“ Hei, engkau adalah orang yang mencuri kantongku!,” bentaknya tanpa tahu siapa yang dihadapinya itu.

“Apa isi kantongmu ?,” ujar Syekh Ja’far Shodiq balik bertanya

“ Uang seribu dinar ada dalam kantongku,” jawabnya.

Lalu Syekh Ja’far Shodiq tidak bertanya lagi. Beliau langsung pulang ke rumah. Sesampainya di kediamannya beliau mengambil uang seribu dinar. Selanjutnya balik menemui jamaah haji yang menuduhnya tadi.

Setelah beberapa lama, jamaah haji tadi  pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, betapa terkejutnya dirinya. Ternyata kantong yang dikira hilang masih ada di rumah dan isinya utuh.

Ia menjadi sangat menyesal mengapa menuduh orang sembarangan. Ia kemudian mengingat kembali lelaki yang telah dituduhnya itu. Ia juga menyesal mengapa tidak mengenalnya.

Kemudian dengan tekat yang bulat, lelaki itu kembali ke Madinah. Tujuannya adalah mengembalikan uang dan minta maaf. Sesampainya di Madinah ia mencari Syekh Ja’far Sodik dan berhasil menemukannya. Tak lupa ia mengembalikan uangnya. Namun saat ingin mengembalikan, Syekh Ja’far Sodik menolaknya.

” Sesuatu yang telah saya keluarkan tidak mungkin saya minta atau tarik kembali,” katanya.

Mendengar jawaban tersebut membuatnya merasa tidak enak. Ia penasaran dan curiga. Setelah itu ia bertanya kepada seseorang,” Siapakah lelaki itu?”

“Ia adalah Syekh Ja’far Shodiq,” jawabnya

Mendengar jawaban itu ia kaget dan sangat kagum atas akhlaknya.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang