Seekor Anjing yang Membela Dua Sahabat Rasulullah SAW

anjing

Ada seekor anjing yang pernah berbicara dengan Rasulullah SAW. Anjing yang pemiliknya orang munafik ini menggigit seseorang karena membela dua sahabat Rasulullah SAW.


Dikisahkan suatu hari Nabi SAW sedang bercengkerama dengan para sahabatnya. Namun tiba-tiba datang seorang laki-laki wajah ketakutan. Kedua lengannya tampak ada luka bahkan mengeluarkan darah. Melihat hal itu Nabi terkejut dan berkata,” Ada apa ini. Kenapa kedua lenganmu teruka dan mengeluarkan darah?”

”Wahai Rasulullah saat saya berjalan dan berjumpa dengan seekor anjing milik orang munafik. Hewan itu kemudian menggigit saya,” katanya. Rasulullah SAW kemudian mempersilakan orang du duduk. Tak lama kemudian datang juga seorang laki-laki dengan luka yang sama.


“ Wahai Rasulullah saya digigit anjing milik orang munafik,”katanya.
Melihat dua orang dengan luka yang sama, Rasulullah SAW kemudian bersabda,” Mari kalian semua ikut aku menghadang anjing itu, lalu kemudian kita bunuh.”


Setelah itu bersama dengan sahabat yang ada saat itu, Rasulullah SAW bergegas menghampiri anjing yang telah membuat kedua orang itu teruka parah. Sambil membawa pedang, pencarian anjing galak itu dimulai.
Hingga akhirnya rombongan Rasulullah SAW bertemu dengan anjing.

Mereka serentak mengancungkan pedangnya dan siap-siap membunuh anjing itu. Namun sebelum terbunuh ada kejadian aneh. Anjing tersebut kemudian mendekati Rasulullah SAW. Lalu anjing itu bisa berkata dengan lisan yang fasih,” Jangan bunuh saya, saya ini binatang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.”


Kemudian Rasul bertanya,” Kenapa kau menggigit dua orang laki-laki ini?”
“Wahai Rasulullah aku diperintah untuk menggigit kedua orang tersebut karena telah memaki Abu Bakar dan Umar,” kata anjing tersebut.


Mendengar perkataan seekor anjing itu, Rasulullah SAW kemudian bersabda kepada kedua orang tersebut ,” Wahai kalian berdua sudah mendengarkan apa yang dikatakan anjing itu?”


Mendengar hal itu kedua orang yang tergigit itu menjadi gemetar. Kemudian keduanya berkata,” Benar wahai Rasulullah. Kini kami bertobat kepada Allah dan Rasul-Nya. ”

Ternyata anjing tersebut menggigit karena kedua orang itu telah memaki dua sahabat utama Rasulullah SAW, yaitu Sayidina Abu Bakar dan Sayidina Umar.

Wallahu A’lam. Kisah ini disadur dari buku Kitab Usfuriah :Kisah-kisah Dari Lektur Pesantren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw