Secarik Kertas di Hari Perhitungan

catatan

Pada Hari Perhitungan kelak di akhirat akan dibukakan segala bentuk perbuatan kita. Amal maupun dosa kita akan terlihat gamblang dan jelas tanpa ada yang tertinggal sedikit pun. Pada masa itu Allah SWT akan membuka semuanya dan akan dihisab.

Disebutkan oleh Ikrimah, seorang budak yang telah dimerdekakan oleh Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Bila hari kiamat tiba, Allah SWT menabiri seseorang demi seorang dari lainnya. Lalu memberi mereka buku catatan kebaikan masing-masing. Mereka lalu membaca. Allah SWT bertanya,” Apa yang kalian dapatkan?”

Mereka menjawab,” Hamba melihat perbuatan amal baik hamba yang banyak.

Allah SWT bertanya,”Adakah yang susut?”

Mereka menjawab,” Tidak.”

Kemudian Allah SWT menyerahkan kitab yang memuat catatan amal buruk mereka dan bertanya,” Apa yang kalian dapatkan?”

Mereka menjawab,” Hamba melihat amal buruk yang banyak sekali.”

Allah SWT bertanya,”Kau kenali semuanya.”    

Mereka menjawab,”Tidak.”

Kemudian Allah SWT memberikan secarik kertas yang lalu mereka baca. “ Apa yang kalian dapatkan?”

Mereka menjawab,”Kami mendapatkan amal baik yang banyak.”

“Kenalkah kepada semuanya?,” tanya Allah SWT.

Mereka menjawab,” Tidak.”

Lalu Allah SWT berfirman,” Itulah buah kezaliman yang dikenakan orang kepada kamu, gangguan kepada kamu, dan perampasan kepada kamu tanpa sepengetahuan kamu.”

Kisah tersebut diambil dari buku Kitab Usfuriyah : Kisah-kisah Hikmah dari Lektur Pesantren yang diterjemahkan oleh Musthafa Helmy. Penuturan Ikramah ini dapat disimpulkan bahwa kita tidak boleh berbuat zalim pada siapa pun. Baik yang kita sudah kenal maupun yang tidak kita kenal. Perbuatan zalim adalah perbuatan yang tidak dibenarkan. Dalam Ibrahim ayat 42 Allah SWT berfirman

وَلَا تَحْسَبَنَّ اللَّهَ غَافِلًا عَمَّا يَعْمَلُ الظَّالِمُونَ إِنَّمَا يُؤَخِّرُهُمْ لِيَوْمٍ تَشْخَصُ فِيهِ الْأَبْصَارُ

Artinya: “Dan janganlah sekali-kali engkau menyangka Allah lalai dari apa yang dilakukan oleh orang-orang yang berbuat zalim. Sesungguhnya Allah menangguhkan mereka sampai hari di mana pandangan-pandangan terbelalak.”

Apabila kita melihat ayat di atas sangat jelas bahwa Allah SWT menyatakan akan memberikan balasan kepada setiap pelaku kezaliman kelak di Hari Perhitungan . Di hari itu setiap mata manusia akan terbelalak menyaksikan berbagai hal yang pernah mereka lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw