Kisah Amalan Calon Penghuni Surga

jannah

Ini adalah kisah tentang calon penghuni surga yang membuat Abdullah bin Umar penasaran. Bahkan sahabat Rasulullah saw. ini rela menginap selama tiga hari di rumah lelaki misterius itu.

Anas bin Malik ra. menuturkan bahwa suatu hari Rasulullah saw duduk bersama dengan para sahabat.  Tiba-tiba Rasulullah saw, bersabda “Sebentar lagi akan datang seorang laki-laki calon penghuni surga. Setelah itu tidak lama kemudian muncul seorang laki-laki Anshor. Nampak  jenggotnya basah oleh air wudhu dan tangan kirinya menenteng sandal.

Hal yang sama diulang Rasulullah saw esok harinya. Rasulullah bersabda lagi. “Sebentar lagi akan datang seorang laki-laki calon penghuni surga,” sabda beliau. Tidak lama kemudian muncul laki-laki yang sama dengan jenggot yang basah oleh air wudhu dan tangan kirinya menenteng sandalnya.

Pada hari ketiga, Rasulullah saw kembali bersabda, “Sebentar lagi akan datang seorang laki-laki calon penghuni surga”. Dan laki-laki yang kemarin kembali muncul di hadapan kami.

Hal ini yang membuat salah satu sahabat Nabi saw, Abdullah bin Umar penasaran. Beliau kemudian mengikuti lelaki tersebut hingga sampai rumahnya. Kemudian  Abdullah bin Umar berkata “Bolehkah aku menginap di rumah mu selama tiga hari.”

Lelaki tersebut kemudian menjawab “ Silakan”.

Maka menginaplah Abdullah bin Umar selama tiga hari rumah tersebut. Dengan cermat Abdullah bin Umar memperhatikan perilaku laki-laki itu. Namun selama tiga hari menginap di rumahnya Abdullah merasa tidak ada yang istimewa dalam ibadah lelaki itu. Hanya saja setiap bangun tidur ia menyebut nama Allah SAR dan bertakbir hingga subuh tiba. Selain itu perkataan yang baik yang selalu keluar dari mulutnya.

Ketika waktu tiga hari telah habis. Abdullah bin Umar masih penasaran dengan yang disabdakan Rasulullah. Beliau kemudian bertanya lagi kepada lelaki tersebut , “Wahai hamba Allah, sebenarnya Aku mendengar Rasulullah saw bersabda,”Sebentar lagi akan datang calon penghuni surga’. Beliau mengulangnya sampai tiga kali selama tiga hari, dan ternyata laki-laki itu adalah engkau. Karena aku merasa penasaran lalu mengikutimu dan menginap di rumah mu untuk mengetahui amal apa yang kau lakukan sehingga membuatmu termasuk calon penghuni surga. Akan tetapi, aku tidak melihat hal yang istimewa dari ibadahmu. Ceritakanlah apa yang kau lakukan sehingga Rasulullah saw bersabda demikian?”

Lalu laki itu menjawab“Tidak ada ibadahku yang istimewa sebagaimana yang tuan saksikan sendiri. Itulah ibadahku sehari-hari.” Namun saat Abdullah bin Umar hendak meninggalkannya, lelaki  itu berkata “Hanya saja aku tidak pernah menipu dan berkhianat terhadap seorang muslim, dan aku tidak pernah iri hati dan dengki atas karunia yang Allah swt berikan kepada orang lain.”

“ Nah inilah yang menyebabkan kamu menjadi calon penghuni surga,” ujar Abdullah bin Umar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain