Wasiat Tsabit bin Qais dari Alam Kubur

baju besi

Tsabit bin Qais adalah sahabat terkemuka Rasulullah dari golongan Ansor. Beliau adalah juru bicara Rasulullah saw yang sangat cemerlang. Banyak kisah tentang sahabat Rasulullah yang satu ini. Salah satunya wasiat Tsabit bin Qais dirinya sudah wafat.

Peristiwa ini terjadi ketika usai perang Yamamah. Dalam peperangan tersebut beliau gugur sebagai syuhada saat berperang dengan Musailamah al Kadzab. Ada dua kejadian aneh ketika Tsabit wafat. Pertama ketika dimasukkan dalam liang lahat beliau berkata,“Muhammad adalah utusan Allah, Abu Bakar itu orang yang terpercaya, Umar itu seorang syahid dan Utsman itu orang yang baik lagi penyayang.”

Yang kedua lebih unik lagi. Dikisahkan ada seorang muslim yang bermimpi ketemu dengan Tsabit. Dalam mimpinya itu Tsabit berwasiat, “Aku hendak mewasiatkan kepadamu satu wasiat; tapi jangan sampai kau katakan bahwa ini hanya mimpi lalu kamu sia-siakan! Sewaktu aku gugur sebagai syahid, lewat ke dekatku seseorang Muslim lalu diambilnya baju besiku. Rumahnya sangat jauh, orang tersebut memiliki kuda kepalanya mendongak ke atas seakan-akan tertarik tali kekangnya. Baju besi itu disimpan ditutupi sebuah periuk besar, dan periuk itu ditutupi pelana unta. Pergilah kepada Khalid minta ia untuk mengirimkan orang mengambilnya! Kemudian apabila kamu sampai ke kota Madinah menghadap khalifah Abu Bakar, katakan kepadanya bahwa aku mempunyai utang sekian banyaknya, aku mohon agar ia bersedia membayarnya.”

Setelah terbangun laki-laki tersebut kemudian langsung mencari Khalid bin Walid. Ia menceritakan apa yang diimpikannya. Langsung saja Khalid menyuruh anak buahnya untuk mencari baju besi. Dan aneh, apa yang dikatakan Tsabit terbukti dengan tepat seperti dalam mimpinya. Setelah selesai perang dan kaum muslimin pulang ke Madinah, dan kejadian tersebut diceritakan kepada khalifah. Maka khalifah langsung melaksanakan wasiat Tsabit bin Qais sahabat Nabi saw yang terkemuka ini. (Disadur dari buku Para sahabat Yang Akrab dalam kehidupan Rasul karya Khalid Muhammad Khalid)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain