Seorang Sufi Menyuruh Seekor Anjing Mengganggu Muridnya

Dunia Sufi adalah dunia yang sangat menghormati guru. Banyak cerita dalam hubungan antara guru dan murid, salah satunya datang dari Abu Hasan  al Hamdani al Alawi. Dikisahkan dalam kitab Risalah Qusyairiyah bahwasanya suatu malam dirinya berada di tempat gurunya Ja’far al Khuldi.

Oleh gurunya itu Abu Hasan diduruh menggantungkan seekor burung dengan sangkarnya di rumahnya. Gurunya memberikan petunjuk bagaimana menggantungkan sangkar burung secara benar.  Setelah itu Ja’far berkata kepada Abu Hasan,” Bangunlah di waktu malam!”

Merasa ada yang janggal, Abu Hasan hendak bertanya kepada gurunya itu. Namun ia kemudian pulang sambil membawa burung dengan sejumlah pertanyaan dalam hatinya. Sesampai di rumah, Abu Hasan mengeluarkan burung tersebut. Setelah dikeluarkan burung itu  tiba-tiba diam dan berhenti di hadapannya.  Namun dari pintu belakang rumahnya ada seekor anjing yang langsung anjing tersebut. Abu Hasan kaget dan merasa bersalah.

Esok harinya ia pergi ke rumah Ja’far gurunya. Belum berkata sepatah pun, gurunya itu berkata,” Barang siapa tidak menjaga perasaan guru, maka Allah menyuruh anjing untuk mengganggunya.” Apa yang dikatakan gurunya itu membuat Abu Hasan bengong dan berpikir ulang apa yang ia telah perbuat terhadap gurunya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw