Bersyukur Cara Rasulullah saw. yang Membuat Aisyah Kagum

Ini kisah tentang Rasulullah saw. yang membuat kagum istrinya Aisyah binti Abu Bakar. Disebutkan oleh Yahya bin Ya’la dari Abu Khubab dari Atha’ diceritakan bahwa ia bertamu kepada Aisyah ditemani oleh Ubaid bin Umair. Lalu Ubaid bertanya kepada Aisyah,”Berilah kami kabar tentang sesuatu yang paling mengagumkan dari Rasulullah saw. yang pernah engkau lihat?”

Lalu Aisyah menangis dan kemudian menjawab,” Keadaan Rasul yang mana yang tidak mengagumkan? Diwaktu malam beliau datang kepadaku. Beliau masuk tempat tidur bersamaku sehingga kulitku bersentuhan dengan kulitnya. Lalu Beliau mengatakan,”Wahai putri Abu Bakar, tinggalkanlah diriku. Aku sedang beribadah kepada Allah.”

“ Saya ingin lebih dekat denganmu,” pintaku. Kemudian aku (Aisyah-red) meminta izin untuk mengambil gerabah dan menuangkan air. Rasulullah kemudian berwudhu. Setelah itu Rasulullah berdiri dan mengerjakan solat. Beliau menangis sehingga air mata bercucuran sampai ke dada. Beliau rukuk, sujud, dan mengangkat kepala seraya menangis. Beliau selalu seperti itu sampai Bilal datang, kemudian menyerukan azan untuk solat. Aku kemudian bertanya kepada Rasulullah,” Ya Rasulullah apa yang membuatmu menangis, padahal Allah SWT telah mengampuni segala dosamu, baik yang lalu maupun yang akan datang.”

Kemudian Beliau menjawab,” Apakah saya tidak boleh menjadi hamba yang selalu bersyukur. Kenapa saya tidak berbuat sedangkan Allah SWT menurunkan kepadaku ayat :”Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” ( Al Baqoroh 164)

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

qiraah

Ilmu Qiraah dan Asal Usulnya

Ilmu Qiraah atau ilmu yang membahas tentang cara pengucapan tiap kata dari al Quran ternyata mempunyai berbagai jalur penuturan. Meskipun berbeda-beda namun tetap mengacu pada