Aparat Keamanan Diminta Usut Tuntas Lafad Azan yang Dirubah

Beredarnya azan ajakan jihad meresahkan banyak pihak. Video yang sempat viral ini mengundang banyak reaksi utamanya dari para ulama dan organisasi Islam. Untuk itu pihak kepolisian diminta usut tuntas video tersebut.

“Tidak bisa dibenarkan ‘Hayya alash-shalah’ diganti dengan ‘hayya alal jihad’ dan syariat itu ada tuntunannya, yang menuntun adalah Rasulullah. Sekarang yang mengubah siapa itu, berani-beraninya dia mengubah azan yang telah dilaksanakan oleh Rasulullah dan para sahabat, para ulama, mereka siapa berani-beraninya mengubah azan,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Jawa Timur, KH Abdullah Kafabihi Machrus.

Sementara itu, PBNU meminta masyarakat untuk tidak terhasut dengan beredarnya video tersebut.  “Jangan terpengaruh hasutan, apalagi terprovokasi. Agama jelas melarang keterpecahbelahan dan menyuruh kita bersatu dan mewujudkan perdamaian di tengah kehidupan masyarakat,” kata Ketua Pengurus Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas, dalam keterangannya.

Sedangkan sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menyataan bahwa Muhammadiyah mengaku tak menemukan hadis yang menjadi dasar azan tersebut. “Saya belum menemukan hadis yang menjadi dasar azan tersebut. Saya juga tidak tahu apa tujuan mengumandangkan azan dengan bacaan ‘hayya alal jihad’,” katanya seperti dilansir laman detik.com.

Selanjutnya Abdul Mu’ti meminta aparat keamanan menelusuri sejumlah video yang beredar di masyarakat ini. Kementerian Agama juga harus meneliti hal itu. “Aparatur keamanan dapat melakukan penyelidikan dan memblokir supaya video azan tersebut tidak semakin beredar dan meresahkan masyarakat. Balitbang Kementerian Agama dapat segera meneliti,”tambahnya.

Seperti diketahui Video berupa azan yang diganti dengan lafaz ‘hayya alal jihad’ viral di media sosial.  Video yang beredar pada Senin 30 November lalu ini diunggah oleh kanal YouTube LDTV dan dibagikan ulang oleh pengguna twitter bernama AntiBuzzerRp. Dalam video tersebut, terlihat sekelompok orang menyisipkan kalimat “Hayya Alal Jihad” saat mengumandangkan azan. Semenjak viralnya video tersebut banyak yang mengecam sekaligus memprotesnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang