Ini 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia, Tiga Berasal dari Indonesia

Ada 50 tokoh muslim perpengaruh di dunia. Tiga diantaranya berasal dari Indonesia yaitu Joko Widodo (Presiden Indonesia), Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj (Ketua Umum PBNU) dan Habib Luthfi bin Yahya (Rais Am Jamiyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah). Adapun orang Islam nomor satu yang paling berpengaruh di dunia adalah Recep Tayyip Erdogan (Presiden Turki).   

Hal ini didasari sebuah riset yang dikeluarkan oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre (MABDA) sebuah lembaga riset independen yang berbasis di Yordania dengan risetnya yang bertajuk The Muslims 500; The Worlds 500 Most Influential Muslims 2021. 

Selain itu ada nama-nama besar lainnya seperti Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud dan Pemimpin Tertinggi Republik Islam Iran Ayatollah Haji Sayyid Ali Khamenei, Habib Umar bin Hafidz, Dr Ahmad Muhammad at Tayyeb dan lain sebagainya.

Nama Presiden Jokowi masuk dalam daftar The Muslim 500. Jokowi menduduki ranking 12 dari 50 tokoh Islam paling berpengaruh di dunia.  Sedangkan peringkat Habib Luthfi naik satu peringkat dari tahun lalu. Sebelumnya menduduki di peringkat 33. Sedangan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul ‘Ulama (PBNU) Prof. Dr KH. Said Aqil Siradj berada di peringkat 18 di daftar The Muslim 500. Posisinya Said Aqil juga naik satu peringkat dari tahun lalu.

The Muslim 500 menyebut Jokowi masih populer meski target ekonomi tidak tercapai serta ada keterlambatan dalam respons pandemi COVID-19. Jokowi adalah satu dari sedikit pemimpin negara demokrasi yang masuk top 50 di daftar The Muslim 500. Presiden Jokowi masuk peringkat 50 besar ini bersama beberapa pemimpin politik lainnya adalah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, dan Presiden Nigeria Ahmad Buhari dan lain sebagainya.

Dalam risetnya The Muslim 500 menyebut Ketua Umum PBNU, Prof. Dr. Kh Said Aqil Siraj dengan jaringan NU yang luas, serta basis yang terfokus di daerah pedesaan. Aktivitas Said Aqil di bidang sosial, HAM, dan reformasi pendidikan juga dijabarkan oleh The Muslim 500. Salah satu yang menjadi sorotannya adalah ketegasan Said Aqil dalam mengecam diskriminasi terhadap kelompok minoritas Kristen di Indonesia.

Sedangan The Muslim 500 memberikan penilaian terhadap peran Habib Luthfi sebagai pemimpin spiritual tarekat Alawiyyah atau Ba-Alawi, dan Rais ‘Aam Idarah Aliyah Jam’iyah Ahli Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah. The Muslim 500 menyebut Habib Luthfi mendirikan ribuan sekolah, masjid, dan zawiyah di Indonesia, serta memiliki jutaan pengikut. (dari berbagai sumber)

1 thought on “Ini 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia, Tiga Berasal dari Indonesia”

  1. Pingback: Chiki Fauwzi : Hidup itu Tempat Singgah Semata » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain