Habib Ja’far Alkaff, Ulama Karismatik Itu telah Wafat

Habib Ja’far bin Muhammad al Kaff dikenal sosok yang mengayomi umat dan ulama karismatik

Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiiun. Kembali Indonesia telah kehilangan salah satu ulamanya. Habib Ja’far bin Muhammad AlKaff wafat ulama asal Kudus Jawa Tengah wafat di Samarinda. Habib karismatik ini meninggal di Samarinda dan akan dimakamkan di Semarang.

Bagi umat Islam di Jawa Tengah, sosok Habib Ja’far tidak asing lagi. Beliau dikenal sebagai ulama yang mengayomi umat di samping juga karomahnya. Penampilan Habib Ja’far sangat khas yaitu rambut panjang yang berbalut kopiah.

Tidak diketahui mengetahui penyakit yang diderita Habib Ja’far sebelum meninggal dunia. Namun belum ada informasi yang valid mengenai penyebab meninggalnya beliau.

Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdathul Ulama (PWNU) Kaltim Syaparudin mengungkapkan, bahwa Habib Ja’far meninggal kira-kira pukul 16.30 Wita di RS TK IV Samarinda. Jenazahnya kemudian dibawa ke RSUD Abdul Wahab Sjahranie (AWS) Samarinda untuk proses pemandian dan dishalatkan secara terbatas.

Wafatnya Habib Jakfar mendapatkan ucapan rasa duka dari berbagai pihak.Berapa tokoh menyampaikan ucapan belasungkawa melalui akun media sosialnya diantaranya. Menteri Agama. Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan rasa dukanya melalui akun Twitter.

“Turut berduka cita atas wafatnya Habib Ja’far Al Kaff (Kudus-Jawa Tengah), semoga husnul khotimah, Al Fatihah,” seperti dikutip dari akun Twitter Cholil @YaqutCQoumas, hari ini.

Kemudian Putri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Alissa Wahid juga mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Ja’far. “Sedih tak terkira, Habib Dja’far berpulang ke Ramatullah, Lahul-Fatihah,” kata dia melalui akun Twitternya, @AlissaWahid.

Habib Ja'far Alkaff
Habib Ja’far Alkaff

Habib Umar salah satu sahabat karib Habib Jakfar menyampaikan bahwa Habib Ja’far wafat di Samarinda, Kalimantan Timur pada Jumat (1/1) sore. “Menyampaikan berita duka wafatnya Almarhum al-Habib wal Mahbub Habib Ja’far bin Muhammad bin Hamid Al-Kaff sore tadi di Samarinda,” ujarnya seperti dikutip dari laman nu.or.id.    

Rabithah Alawiyah, organisasi yang menaungi habib se-Indonesia menyeampaikan duka yang mendalam. “Keluarga besar DPP Rabithah Alawiyah mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Habib Ja’far Bin Muhammad Alkaff,” dalam keterangan resminya Jumat (1/1).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain