Peluang dan Tantangan Zakat 2021 Menurut Baznas

Generasi milenial merupakan peluang memaksimalkan potensi zakat tahun 2021.

Dalam prediksinya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyebutkan generasi milenial dan bonus demografi akan menjadi peluang besar Indonesia untuk memaksimalkan potensi zakat tahun 2021. Adapun tantangan besarnya wabah pandemi Covid-19 dan resesi ekonomi.

Hal ini terungkap dalam Outlook Zakat Indonesia (OZI) 2021 yang dikeluarkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Hal ini dibenarkan oleh  CEO Rumah Zakat, Nur Efendi yang mengatakan bahwa  wabah pandemi membawa pengaruh yang cukup besar. Namun menurutnya perkembangan zakat di 2020 menunjukkan kenaikan dibanding tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah perkembangan zakat terus naik, secara nasional rata-rata 25-30% tahun 2020 dibanding dengan tahun 2019,” ujar Nur seperti dilansir laman Republika, Senin (4/1).  Baginya adanya resesi ekonomi dan pandemi yang belum selesai justru semakin meningkatkan tingkat empati masyarakat. Namun disisi lain dampak pandemi dan resesi harus terus diantisipasi, dimana kemampuan berdonasi masyarakat akan terus berubah. Hal ini terjadi akibat dari penyesuaian kemampuan daya beli masyarakat.

“Dampak pandemi ini perlu terus diantisipasi karena panjang waktunya, kemampuan berdonasi juga akan ada penyesuaian seiring dengan menurunnya kemampuan daya beli masyarakat,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur Pendistribusian dan Pemberdayaan BAZNAS, Irfan Syauqi Beik menyebutkan tiga kendala yang membuat penerimaan zakat di Indonesia masih minim, yaitu kurangnya edukasi dan literasi, kurangnya penguatan kapasitas kelembagaan dan Sumber Daya Manusia (SDM), terakhir, kurang maksimalnya regulasi di tingkat pusat maupun daerah.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang