Potensi Sektor Ekonomi Syariah Luar Biasa

Potensi ekonomi syariah sangat luar biasa di Indonesia. Namun hal tersebut yang belum dikembangkan dan berperan sebagai konsumen.

Disebutkan Ekonom Syariah Institut Pertanian Bogor (IPB) Irfan Syauqi Beik bahwa masih ada kesenjangan yang cukup tinggi antara potensi dengan realitas dari pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Untuk itu perlu adanya berbagai upaya untuk pengembangkan sektor ini.

“Hal ini terlihat dari pasar perbankan syariah yang masih berada di level 6,1%. Artinya, antara realisasi dan potensi masih ada gap. Demikian juga di sektor zakat, kita potensinya Rp233 triliun, realisasinya tahun ini diperkirakan Rp12 triliun. Ini memberikan PR buat kita untuk bagaimana mendekatkan jarak antara potensi dengan realisasi, “seperti dilansir laman sindonews.com.

Irfan menambahkan bahwa pemerintah harus mendorong edukasi, kampanye, hingga sosialisasi kepada publik tentang ekonomi syariah. Hal ini penting dilakukan agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya ekonomi dan keuangan syariah.

Saat ini memang masih dirasa kurang program sosialisasi maupun edukasi tentang ekonomi syariah. peningkatan program itu tersebut diharapkan masyarakat paham bahwa ekonomi dan keuangan syariah bisa menjadi instrumen untuk ikut membantu menanggulangi dampak dari resesi ekonomi.

“Saya melihat setiap peluang yang perlu kita manfaatkan dengan baik karena selama ini juga di banyak sektor, Indonesia lebih banyak sebagai konsumen dibandingkan menjadi produsen. Jadi kita harus menyeimbangkan,” ungkapnya.

Adapun sektor ekonomi syariah meliputi banyak industri seperti perbankan syariah, keuangan nonbank, pasar modal, rumah sakit Islam, perhotelan, pariwisata, halal food, fashion dan masih banyak lagi. Irfan melanjutkan, dalam memperkuat ekonomi dan keuangan syariah perlu juga didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas agar bisa terkelola dengan baik.

“Kita harus memperkuat sisi suplai dengan SDM yang berkualitas, mumpuni, memiliki kompetensi yang mampu menggerakkan sumber daya yang ada sehingga potensi ekonomi dan keuangan syariah ini bisa kita manfaatkan dengan baik,” tuturnya.

Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bag para pelaku ekonomi syariah di Indonesia. Selain itu harus ada dukungan dari pihak lain seperti pemerintah dan pihak swasta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang