Deklarasi Tentara Allah di Bandung Akhirnya Batal

Deklarasi tentara Allah di Bandung batal. Sebelumnya videonya sempat viral dan menjadi perbincangan publik.

Berikut isi deklarasi penolakan yang dibuat warga seperti dikutip dari laman detik.com ‘Kami warga Kampung Cicalengka/Sasak Bubur dengan terbitnya deklarasi Jundullah yang dipimpin oleh Bapak Ustadz Erwan Sa’ad hari Jumat 1 januari 2021 jam 13.00 WIB bertempat di Masjid Jami Lembur Sawah, dengan ini kami warga masyarakat menolak dan membatalkan deklarasi tersebut. Demikian pernyataan bersama ini kami buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun’.

Surat tersebut ditandatangani oleh sebanyak 14 orang. Mereka adalah orang –orang yang itu hadir saat pembacaan deklarasi. “Kami tadi sudah berkumpul dengan warga. Hasilnya dibuat surat pernyataan bersama oleh warga yang ditandatangani di atas meterai. Mereka menolak dan membatalkan deklarasi Tentara Allah,” ujar Andriawan Burhanudin, Kepala Desa Mekarmukti.

Ternyata agenda deklarasi Tentara Allah yang  dipimpin Erwan Sa’ad tersebut ternyata tak diketahui oleh warga “Jadi warga itu tidak tahu mau ada deklarasi. Spontanitas usai salat Jumat diminta jangan dulu pulang. Setelah deklarasi,.ya mereka kaget dan bertanya-tanya tujuannya apa. Tapi mereka sungkan,” ucap Andriawan.

Jaja mengatakan penyelidikan ini untuk memastikan apakah kelompok tersebut menganut aliran menyimpang atau tidak. Pihaknya juga akan memanggil pimpinan kelompok masyarakat yang mendeklarasikan Tentara Allah.

Sebelumnya beredar sebuah video kelompok jemaah masjid di Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Bandung Barat (KBB) yang mendeklarasikan pembentukan Jundullah atau Tentara Allah pada 1 Januari 2021.

“Hari ini, kita akan menerjunkan tim dari MUI dan FKUB untuk menyelidiki dan menemui para deklarator. Kita coba panggil juga Erwan Sa’ad sebagai pemimpinnya,” kata Kepala Kantor Kesbangpol Bandung Barat, Jaja saat dihubungi wartawan, Selasa (5/1).

Menurutnya mengajak MUI dan FKUB disebabkan peristiwa ini menyangkut paham keagamaan dimana MUI yang lebih tahu paham ini menyimpang atau tidak.  Sebelumnya, beredar video deklarasi Jundullah atau tentara Allah di sebuah masjid di Kabupaten Bandung Barat.

“Kemarin sebetulnya sudah menggelar pertemuan dengan Danramil dan Kapolsek, menanyakan kejadian itu. Tapi untuk menyimpulkan apakah ini aliran menyimpang kita akan kembali melakukan pendalaman dengan menggandeng MUI dan FKUB,” ucapnya seperti dilansir laman ccnindonesia.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bandung Barat Muhammad Ridwan akan mengecek informasi video tersebut.  “Sebetulnya kita belum mengetahui informasi itu, maksud dari deklarasinya apa, namanya apa, dan tujuannya apa. Jadi harus diketahui dulu siapa orangnya dan apa tujuannya baru bisa ditentukan apakah menyimpang atau tidak,” katanya.

Saat ini pihaknya belum bisa menentukan apakah deklarasi tersebut menyimpang atau tidak. Apabila mengganggu, Ridwan menyatakan pihaknya bakal melarang aktivitas jemaah tersebut.  “Kalau maksudnya mengganggu keamanan masyarakat, tentu dilarang bukan hanya oleh MUI tapi oleh aparat hukum juga,” ujarnya.

Video berdurasi 2,51 menit memperlihatkan sekelompok jemaah sedang melakukan ikrar yang yang dipimpin oleh orang yang belakanag diketahui bernama Erwan Sa’ad.  Ia membacakan kalimat ‘Deklarasi pembentukan Jundullah atau tentara Allah. Bahwa pada hari ini Jumat 1 Januari 2021 di Masjid Sawah, Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, KBB dibentuk suatu jemaah yang diberi nama Jundullah atau Tentara Allah dengan penanggungjawab Erwan Sa’and. Untuk bersama-sama Insya Allah berjuang membuktikan Al Quran surat ke 42 ayat 13 dan Al Quran surat ke 47 ayat ke 7 dengan semua komponen kaum muslimin dimana pun mereka berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang