Masjid di Inggris Ditutup Karena Covid Melonjak

Beberapa masjid di Inggris ditutup karena melonjaknya Covid 19. Selama Januari ini beberapa masjid besar di London juga ditutup. Walikota Inggris, Sadiq Khan mengatakan bahwa minggu pertama Januari 2021, satu dari 30 penduduknya diperkirakan terinfeksi Covid.

Disebutkan hampir semua masjid besar di wilayah London di Ealing, Hackney, Harrow, Haringey, Kensington, Leyton, Redbridge, Tower Hamlets dan Westminster, untuk beberapa nama, serta di Cambridge dan Woking telah ditutup selama Minggu pertama Januari.

Khan memperingatkan bahwa lebih dari satu persen dari sembilan juta penduduk kota itu dinyatakan positif Covid-19 pada i bawah pembatasan penguncian terbaru, tempat ibadah di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara diizinkan untuk tetap buka. Pemerintah Skotlandia telah memerintahkan mereka ditutup.

Salah satu masjid terbesar di Inggris dan ibu kota, Masjid London Timur (ELM) ditutup pada 6 Januari. Pihak takmir masjid berjanji akan merevisi keputusan tersebut.  

Seorang juru bicara ELM mengatakan kepada,“Keputusan ini tidak dianggap enteng. Tapi seperti pada bulan Maret lalu, ketika kami dan banyak masjid lain ditutup bahkan sebelum pemerintah mengumumkan penguncian nasional, kami menempatkan keselamatan jemaah kami, staf kami, dan relawan kami di atas keinginan kuat kami untuk mempertahankan ibadah komunal, ” ungkap salah serang juru bicara ELM seperti dilansir The Muslim News

Dalam sebuah pernyataan Walikota London menyerukan bahwa agar tempat ibadah agama lain juga ditutup. “ Saya menghimbau kepada pemerintah untuk segera menutup tempat ibadah, kecuali untuk upacara pemakaman. Sampai itu terjadi, saya mendesak semua komunitas agama London untuk melihat melampaui apa yang diizinkan secara teknis dan fokus pada tindakan teraman untuk semua warga London – ini sekarang berarti menghindari semua ibadah komunal untuk sementara waktu untuk membantu mengurangi risiko penyebaran infeksi,” kata Khan.

Jumlah masjid di Inggris mengalami peningkatan. Saat ini tercatat lebih dari 250 masjid telah berdiri seiring dengan perkembangan Islam di negeri Ratu Elisabeth ini.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain