Syekh Ali Jaber Wafat

syekh ali jaber

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun Syekh Ali Jaber wafat. Ulama ini  meninggal dunia pukul 08.30 pada hari ini Kamis (14/01/2021) karena sakit. Beliau wafat pasa usia 45 tahun di RS Yarsi Jakarta.

“Benar Syeikh Ali wafat. 08.30, sudah dalam keadaan negatif covid. Di RS. Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta,” tulis Ustaz Yusuf Mansur di Instagramnya. Ditambahkan oleh dai kondang ini bahwa Syekh Ali Jaber wafat bukan karena covid.

Bernama lengkap Ali Saleh Mohammed Ali Jaber, ulama ini dikenal sebagai salah satu yang gigih mengajarkan al Qur’an. Sosoknya menjadi tenar setelah menjadi juri pada Hafiz Indonesia dan menjadi dai dalam berbagai kajian di berbagai stasiun televisi nasional. Pria kelahiran Madinah, Saudi Arabia ini tercatat tela menjadi warga negara Indonesia.

Kecintaannya akan membaca al-Qur’an dimulai sejak dirinya masih kecil. Keluarganya dikenal sebagai keluarga yang religius. Ayahnya yang memberikan motivasi untuk belajar al-Qur’an. Dalam mendidik khususnya Al-Quran dan salat, ayahnya dikenal keras. Bahkan  tidak segan-segan memukul ketika tidak menjalankan salat. Tak heran kalau pada usia sebelas tahun, Ali sudah hafal 30 juz Al-Qur’an.

Pada umur 13 tahun, Ali remaja mendapat amanah untuk menjadi imam di salah satu Masjid Kota Madinah. Sebelum berdakwah di Indonesia, Syekh Ali menempuh pendidikan menyelesaikan sekolah dasar hingga SMA di Madinah.  Setelah itu melanjutkan pendidikannya pada sejumlah ulama ternama di Arab Saudi.

Tahun 2008 Syekh Ali Jaber mulai berdakwah di Indonesia. Beliau mendapatkan kewarganegaran Indonesia (WNI) pada 2012. Saat itu, penghargaan kewarganegaraan Indonesia dia dapat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada 23 Januari 2020, Syekh Ali Jaber memperlihatkan foto saat dia secara resmi sudah mendapatkan paspor Indonesia. Pada 2008, Syekh Ali Jaber menikah dengan perempuan asal Lombok bernama Umi Nadia Nusa Tenggara Barat. Keduanya dikaruniai seorang anak yang diberi nama Hasan.

Tercatat kiprah Syekh Ali Jaber di Indonesia antara lain sebagai Guru Tahfidz Al-Qur’an di Islamic Centre, Masjid Agung Al- Muttaqin, Cakranegara Lombok NTB, Imam Besar dan Khatib di Masjid Agung Al- Muttaqin Cakranegara, Lombok NTB, Imam Salat Tarawih, Imam Sholat Idul Fitri, Masjid Agung, Jakarta. Kemudian pernah menjadi Pengajar di Pesantren Tahfidz Al- Qur’an Al- Asykar Puncak Jawa Barat, Muballigh beberapa Majelis Taklim di Jakarta dan sekitarnya serta menjadi Juri di acara Hafiz, RCTI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw