Masjid Tua Berusia 500 Tahun Ditemukan di Pakistan

masjid tua

Masjid tua berusia 500 tahun ditemukan di Pakistan. Masjid bersejarah ini terletak di dekat Lotus Lake Islamabad. Nampaknya masjid ini akan direnovasi seperti aslinya.

Reruntuhan masjid tua ini ditemukan oleh Environment Wing of the Capital Development Authority (CDA) ketika tengah melakukan pembangunan di Lotus Lake. Dilansir di The News Pakistan, Senin (18/1) dari penampakannya  diperkirakan masjid tersebut berusia hampir 100 tahun. Namun ketika otoritas terkait meminta pendapat ahli, mereka justru menyebut reruntuhan yang ada menunjukkan jika masjid itu dibangun sekitar lima ratus tahun yang lalu.

Masjid yang telah lama ditinggalkan ini ditemukan kembali saat upaya pembangunan di Lotus Lake. Terdapat sebuah pohon beringin yang terletak di halaman masjid. Pohon ini juga diyakini berusia 500 tahun.

Pihak Direktorat Lingkungan CDA menyatakan masjid tua beruisa 500 tahun di Pakistan tersebut digunakan sebagai tempat ibadah oleh penduduk desa di Shakarparian. Saat ini  CDA sedang melakukan proses membuat tengah melakukan survei dan penelitian tentang masjid tersebut secara komprehensif. Hal ini dilakukan untuk menentukan fakta sebenarnya tentang bangunan itu.

Disebutkan saat Direktur Jenderal Lingkungan CDA melakukan kunjungan ke situs masjid, ia mengarahkan anggota stafnya untuk mempersiapkan rencana untuk mengembalikan bangunan seperti aslinya. Pihak CDA juga melibatkan arkeolog dalam proses restorasi. Kemungkinan proses ini akan dimulai dalam beberapa minggu mendatang.

CDA sendiri demang dalam perburuan sejarah. “Kami sedang dalam upaya ‘perburuan sejarah’. Penemuan masjid tua ini mungkin menjadi awal untuk lebih banyak penemuan di ibu kota,” ujar Direktur Jenderal Lingkungan CDA seperti dilansir aman republika co.id. 

Saat ini CDA telah melestarikan dan mengembangkan Sadhu ka Bagh berusia 2.400 tahun maupun gua-gua yang terletak di Shah Allah Ditta, yang berukuran dua hektar tanah.Selain pohon Beringin yang terkenal, pohon dengan umur berabad-abad lalu, termasuk Kurma, Kau, Phulai, Mangga dan Peepal juga telah dilestarikan oleh badan sipil ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang