MUI Serukan Muhasabah Nasional

Musibah yang tengah melanda Indonesia menjadi perhatian MUI. Untuk itu MUI serukan muhasabah nasional sekaligus saling bahu membahu dalam doa maupun donasi.


Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan dalam siaran persnya. “Ini momentum bagi kita semua untuk muhasabah sekaligus juga saling bahu membahu dalam doa maupun donasi,” ujar Amirsyah Tambunan.


Seruan Sekjen MUI ini disampaikan untuk respons musibah berupa yang terjadi belakangan ini secara beruntun. Tak hanya bencana alam, musibah kecelakaan pesawat Sriwajaya Air SJ182 juga mengawali kisah tragis pembuka tahun.


Amirsyah mengatakan bahwa seruan muhasabah ini tidak hanya berlaku untuk umat Islam, tetapi juga umat beragama lainnya. “Hal ini penting sebagai ikhtiar, doa dan tawakal agar bangsa Indonesia dijauhkan dari mara bahaya. Muhasabah harus dilakukan secara jernih diiringi dengan permintaan ampunan kepada Allah SWT,” katanya seperti dilansir aman republik.co.id.

Menurutnya Indonesia sebagai negara beragama untuk selalu mengembalikan berbagai musibah ini kepada Tuhan yang Maha Esa. Namun harus diiringi dengan perilaku umat manusia yang tidak merugikan diri sendiri, orang lain, dan alam sekitar.

“Kita harus jujur mengakui bahwa kerusakan di muka bumi ini juga akibat ulah manusia yang merusak keseimbangan alam. Oleh karena perilaku tidak terpuji itu sudah semestinya segera diakhir agar bisa membawa berkah bagi semuanya,” tambahnya.


Muhasabah nasional diperlukan untuk meringankan warga yang terdampak bencana, MUI menyerukan umat Islam dan seluruh elemen bangsa untuk memberikan bantuan. Selain itu juga mengajak segenap umat Islam mendoakan para korban bencana. “Salah satunya dengan melakukan sholat ghaib bagi korban yang meninggal dunia dan memohon keselamatan untuk bangsa dan negara,” pinta Amiryah.


Awal tahun 2021 ini sederet bencana mengguncang tanah air. Diantaranya bencana itu adalah Longsor di Sumedang, Jawa Barat, banjir di Kalimantan Selatan, gempa di Sulawesi Barat, banjir dan longsor di Manado, Sulawesi Selatan dan erupsi Gunung Semeru Gunung Semeru di Jawa Timur.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang