Persyaratan Jamaah Umrah Berubah

umarh

Persyaratatan jamaah umrah berubah dalam hal umur. Saat ini persyaratan menjadi 18 hingga 60 tahun. Sebelumnya persyaratan umrah muali dumur 18 hingga 50 tahun.


Pernyataan ini dikatakan oleh Kabid Umrah Amphuri Zaky Zakaria Anshary. “Informasi terbaru dari beberapa Muassasah Arab Saudi yang menyatakan syarat umur bagi jamaah umrah khusus warga Indonesia menjadi 18-60 tahun, sebelumnya syarat umur 18-50 tahun,” ujarnya melalui keterangan tertulinya Jumat (22/1/2021).


Zaky menambahkan bahwa Informasi terbaru tersebut didapat dari beberapa Muassasah Arab Saudi yang menyatakan syarat umur bagi jemaah umrah khusus warga Indonesia menjadi 18-60. Perubahan syarat tersebut mendapat titik positif bagi masyarakat muslim Indonesia. Mengingat, banyak pendaftar umrah yang berusia lebih dari 50 tahun. “Hal ini disambut baik oleh masyarakat Muslim Indonesia karena pendaftar Umrah yang berumur lebih 50 tahun sangat banyak,” ujarnya.

Dalam keterangan persnya Selain itu, Zaky menyampaikan update agenda yang dilakukan Amphuri bersama jemaah umrah lainnya. Tercatat sebanyak tiga grup umrah berangkat umrah pada tanggal 9 sampai 11 Januari 2021. Jamaah umrah asal Indonesia melakukan tes swab di hotel di Mekkah. Sebelumnya, program ini sudah memerintah Kerajaan Arab Saudi bahwa jemaah umrah harus tes swab dua hari setelah kedatangannya di Arab Saudi.


Bukti bebas Covid-19 (dibuktikan dengan asli hasil tes PCR / SWAB yang dikeluarkan rumah sakit atau laboratorium yang sudah terverifikasi Kemenkes dan siap 72 jam sejak pengambilan sampel hingga waktu atau sesuai ketentuan Pemerintah Arab Saudi). Jika jemaah tidak dapat memenuhi persyaratan tersebut bebas Covid-19, maka pernyataannya ditunda sampai dengan syarat tersebut terpenuhi.

Persyaratan jamaah umrah oleh pemerintah Arab Saudi sebelumnya mensyaratkan beberapa aturan di masa pandemi. Persyaratan bagi jemaah umrah 2020 di masa pandemi Covid-19 antara lain berusia antara18–50 Tahun. Kemudian tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid yang diatur oleh ketentuan Kemenkes RI. Terakhir, surat pernyataan tidak akan menuntut pihak lain atas risiko yang timbul akibat Covid-19.

Tentu perubahan ini menjadi kabar baik bagi kaum muslimain di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

doa

Doa-Doa Nabi Muhammad saw

Doa-doa Nabi Muhammad saw yang penting untuk diamalkan. PITUTUR ID. Doa adalah pangkalnya ibadah. Demikian sabda Rasulullah saw dalam buah hadis sahih yang diriwayatkan oleh