Madinah Masuk Kota Tersehat di Dunia

madinah

Kota Madinah di Saudi dinobatkan sebagai salah satu kota tersehat di dunia. Pengakuan itu datang dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Organisasi ini menyebutkan bahwa kota itu memenuhi semua standar global yang diperlukan untuk menjadi kota yang sehat.Tim WHO menegaskan bahwa Madinah telah mencapai semua kriteria, dengan cara yang inovatif.

Kota Madinah diyakini sebagai kota pertama yang mendapatkan akreditasi  sebagai kota tersehat di dunia oleh WHO. Kota dengan populasi penduduk 2 juta ini memang telah lama mempersiapkan program sebagai kota sehat dengan membentk sebuah komite.  Ada  22 badan pemerintah, komunitas, amal dan relawan membantu mempersiapkan akreditasi WHO. Komite ini diketuai Dr. Abdul Aziz Assarani dengan 100 anggota.

Dr. Abdul Aziz Al-Sarani menyebutkan program tersebut merupakan salah satu proyek pembangunan yang didukung dan ditindaklanjuti oleh Gubernur Madinah Pangeran Faisal bin Salman dan Wakil Gubernur Pangeran Saud bin Khalid Al- Faisal.

Ia mengatakan bahwa dukungan tersebut akan mencerminkan perkembangan pelayanan medis, kesehatan dan sosial di kota tersebut. Program tersebut, tambah Al-Sarani, bertujuan untuk memperbaiki aspek lingkungan, sosial dan ekonomi yang berdampak pada kesehatan.

Program terpadu kota sehat ini bermitra dengan Universitas Taibah. Disebutkan bahwa WHO juga merekomendasikan agar universitas memberikan pelatihan kepada instansi kota lainnya yang berminat mengikuti program kota sehat.

Menurut WHO yang dilansir dari laman arabnews.com menyebutkan kota yang sehat adalah kota yang terus-menerus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosial tersebut dan memperluas sumber daya komunitas yang memungkinkan orang untuk saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan semua fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal.

Kota Madinah adalah kota suci kedua bagi umat Islam setelah Makkah Al-Mukkaramah. Madinah mempunyai  nama lain seperti Taibah, Yathrib, Kota Rasul, dan Dar Al-Hijri (yaitu Rumah Imigrasi). Di kota ini terdapat beberapa situs sejarah seperti Masjid Nabi dan makamnya, Universitas Islam, Kompleks Raja Fahd untuk Pencetakan Alquran dan banyak fitur arkeologi Islam lainnya. Di Madinah terdapat masjid pertama yang dikenal sebagai Masjid Al Quba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang