Gerakan Nasional Wakaf Uang Diluncurkan

jokowi


Gerakan wakaf uang diluncurkan Liem Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) serta Brand Ekonomi Syariah Tahun 2021 diresmikan Istana Negara Jakarta, Senin (25/1/2021).

Menurut Presiden Joko Widodo potensi wakaf di Indonesia sangat besar. Untuk wakaf uang sendiri dapat mencapai Rp188 triliun. “Di negara kita, potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp2.000 triliun dan potensi wakaf uang bisa menembus angka Rp188 triliun,” kata Presiden Jokowi dalam Peluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang dan Peresmian Brand Ekonomi Syariah Tahun 2021.


Presiden menambahkan bahwa perlu terobosan-terobosan, utamanya dalam mengembangkan lembaga keuangan syariah yang dikelola dengan sistem wakaf. “Karena itu peluncuran gerakan nasional wakaf uang pada hari ini menjadi bagian penting bukan hanya meningkatkan awereness, kepedulian dan literasi masyarakat dalam hal ekonomi syariah, tapi sebagai upaya memperkuat rasa kepedulian untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial di negara kita,” ujar presiden seperti dilansir dari laman antaranews.com.


Presiden menyebutkan bahwa ekonomi syariah masih memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. “Pengembangan ekonomi syariah tidak hanya dijalankan oleh negara dengan mayoritas penduduk muslim tapi juga negara lain seperti Jepang, Thailand, Inggris dan juga Amerika Serikat mengembangkannya,” tambah Jokowi.


Sementara itu Wapres sebelumnya menjelaskan perlunya langkah fundamental dalam mewujudkan wakaf produktif. Menurutnya ada tiga upaya untuk menyukseskan gerakan wakaf tunai tersebut. Pertama ialah melakukan rekayasa ulang proses bisnis wakaf uang atau business process reenginering. Kedua, dengan menetapkan program strategis wakaf nasional yang perlu didukung para tokoh, ulama dan masyarakat. Ketiga yakni dengan melakukan gerakan kampanye bersama dalam mengumpulkan wakaf uang, sekaligus melakukan literasi dan edukasi agar masyarakat secara bersama-sama berwakaf dengan menyerahkan uangnya untuk dikelola dan hasilnya akan digunakan untuk mendanai program strategis wakaf nasional.


Wapres Ma’ruf Amin, selaku Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), mengatakan GNWU merupakan salah satu program pengembangan ekonomi syariah yang bertujuan untuk mendukung percepatan pembangunan nasional.

“Hasilnya adalah pengelolaan yang mampu memobilisasi wakaf uang secara maksimal, investasi yang optimal, dan hasil manfaatnya untuk mengembangkan ekonomi masyarakat dan mendukung kegiatan sosial yang semakin luas,” ujar Ma’ruf Amin.

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain