Saudi Selenggarakan Pameran Artefak Kota Madinah

madinah

Saudi Arabia selenggarakan pameran artefak kota Madinah. Yayasan Penelitian dan Arsip King Abdul Aziz mengungkapkan sejumlah besar artefak langka dipamerkan dalam ajang tersebut. Diantaranya beberapa peninggalan berasal dari 800 tahun yang lalu

Yayasan Penelitian dan Arsip King Abdul Aziz mengungkapkan sejumlah besar artefak langka yang dipamerkan adalah harta karun yang dilestarikan. “Ini dianggap sebagai salah satu aspek terpenting dari warisan budaya, yang menjadi tanggung jawab kami untuk melestarikannya, terutama karena kami memiliki lebih banyak kemampuan dan keahlian daripada pendahulu kami” ungkap juru bicara resmi Yayasan, Sultan bin Hamad Alawairdhi seperti dilansir laman arabnews.


Alawairdhi menambahkan bahwa pameran tersebut akan menyoroti sejarah kodifikasi Al Quran dan di Madinah. Ada juga naskah tertua dalam pameran yaitu ‘Ikmal Almuelim Bifawayid Sahih Muslim’, sebuah buku ilmiah yang menjelaskan hadis Nabi Muhammad yang berasal dari tahun 578 H (1182 M), dan manuskrip ‘Mughni ala Mukhtasar Al-Kharqi’.
Ada juga batu prasasti dalam aksara “Madani” yang ditemukan di lembah dan pegunungan dekat kota merupakan beberapa di antara potongan-potongan yang akan dipamerkan di sela-sela pameran permanen manuskrip langka di Masjid Nabawi.


Pengunjung akan menemukan salinan khusus dan asli dari Alquran, pameran huruf Madani, manuskrip asli dari kitab, biografi kenabian, dan sejarah Madinah. Penyelenggara pameran ingin mengembalikan pada pencapaian pengetahuan Islam serta produksi intelektual Arab dan Islam yang diharapkan milenial selain mendokumentasikan warisan kuno ini Pameran ini nantinya diharapkan tersedia secara online dalam beberapa bahasa.


Pameran artefak kota Madinah ini diremikan beberapa hari lalu dan dihadiri oleh Presiden Presiden Urusan Dua Masjid Suci, Syekh Dr. Abdulrahman Al-Sudais, dan Sekretaris Jenderal Yayasan King Abdul Aziz untuk Riset dan Arsip, Dr. Fahd. Al-Samari.


Pangeran Faisal melihat pameran, yang meliputi manuskrip dan buku paling terkenal dan terlangka di perpustakaan Masjid Nabawi, selain banyak artefak sejarah lainnya.

Pameran ini bertujuan untuk mengungkap sejarah kodifikasi Al Quran, kekayaan pendidikan di Masjid Nabawi dan perpustakaannya, dan sejarah kerajaan. Pihak penyelenggara juga berharap pameran ini akan menjadi salah satu daya tarik pariwisata.

1 thought on “Saudi Selenggarakan Pameran Artefak Kota Madinah”

  1. Pingback: Bola Lampu Pertama di Masjid Nabawi berusia Seabad lebih • Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain