Islam Tumbuh Pesat di Jepang

masjid

Islam tumbuh pesat di Jepang. Di negeri matahari terbit ini ada 230.000 kaum muslimin. Statistik tahun 2010 menunjukkan jumlah jamaah Muslim di Jepang mencapai 110.000. Namun, selama akhir tahun 2020 jumlahnya mencapai hampir 330.000,

Di Jepang kebanyakan umat Islam tinggal di tiga wilayah metropolitan seperti Greater Tokyo Area, Chukyp Metropolitan Area, dan Kinki Region. Muslim memang tidak pernah berhenti berkembang di seluruh Jepang.

Saat ini di Jepang terdapat 110 masjid. Islam tumbuh pesat di Jepang juga dibarengi dengan tumbuhnya masjid. Disebutkan pula telah terjadi peningkatan jumlah masjid yang dibangun sejak awal tahun 1990-an di seluruh kepulauan Jepang dari prefektur Okinawa hingga prefektur Hokkaido.

Menurut Tanada Hirofumi dari Universitas Waseda, jumlah Muslim di Jepang lebih dari dua kali lipat dalam 10 tahun terakhir. Pada 2010, statistik menunjukkan jumlah jamaah Muslim di Jepang mencapai 110 ribu dan pada akhir 2019, jumlahnya meningkat menjadi 230 ribu, termasuk sebanyak 50 ribu orang Jepang yang memeluk Islam.

Menurut seorang profesor di Ritsumeikan Asia-Pacific University (APU) dan ketua Beppu Muslim Association (BMA), Muhammad Tahir Abbas Khan, ada 110 masjid di Jepang. Namun muslim di Jepang masih harus berjuang saat wafat karena  99 persen orang Jepang meinggal dengan cara dikremasi. Hal ini jelas bertentangan dengan Islam.  “Jika saya mati hari ini, saya tidak tahu di mana saya akan dikuburkan,” keluh Khan, dilansir dari About Islam.

Disebutkan bahwa BMA mulai mencari lahan pemakaman baru hampir satu dekade lalu, dengan mengumpulkan 60m-70m yen (582 ribu dolar sampai 679 ribu solar AS atau setara Rp 8,2 miliar sampai Rp 9,6 miliar). Memang terjadi penolakan, namun upaya membangun pemakaman muslim terus dilakukan.

Islam dimulai di Jepang pada 1920-an melalui imigrasi beberapa ratus Muslim Turki dari Rusia. Tahun 1930, pemeluk Islam di Jepang mencapai sekitar 1000 dengan latar belakang yang berbeda. Meningkatkan populasi Muslim mencapai puncaknya pada 1980, bersama dengan pekerja migran dari Iran, Pakistan, dan Bangladesh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw