Masjid di Inggris Sudah Mulai Mempersiapkan diri Menyambut Ramadhan

muslim inggirs

Puasa sebentar lagi datang. Masjid di Inggris sudah mulai mempersiapkan diri menyambut Ramadhan. Pusat Komunitas dan Masjid Green Lane Birmingham (GLMCC) sudah mulai meluncurkan kampanye untuk mempersiapkan diri dengan beberapa agendanya. Meski di tengah kuncian karena pandemi, Ramadhan tahun ini merencanakan ada 20 kegiatan bagi umat Islam di sana.


“Orang-orang saleh di masa lalu sudah memulai persiapan Ramadhan enam bulan sebelumnya. Untuk mengikuti jejak mereka, kami juga memulai persiapan kami lebih cepat dari biasanya untuk memastikan bahwa kami siap secara rohani untuk bulan ini,” Nusaybah Naeem, editor di Pusat Komunitas dan Masjid Green Lane Birmingham, Inggris.
Ditambahkan Naeem menyambut ramadhan tahun ini ada 20 jenis aktivitas dan acara berbasis daring.

Adapun aktivitas Ramadhan kali ini diantaranya kompetisi untuk anak-anak dan yang sedang dalam pembicaraan dengan dewan tentang kemungkinan mengundang sejumlah jamaah ke masjid mereka. Tentu saja dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.


Selain itu juga ada acara amal. Pekerjaan amal, juga, merupakan aspek fundamental Ramadhan bagi setiap Muslim. Tahun lalu, GLMCC mengumpulkan sekitar $ 960.000 dan menyumbangkan lebih dari 4.000 paket makanan untuk pengungsi Suriah di Lebanon.


Tetapi sementara masjid membuat persiapannya sendiri, Naeem menjelaskan bahwa mereka juga mendorong jamaah mereka, untuk memulai persiapan mereka sendiri awal tahun ini. “Mulailah membaca tentang itu sebelumnya untuk memastikan bahwa Anda siap secara rohani, dan persiapkan tubuh Anda secara fisik dengan menjaga kesehatan dan berolahraga secara teratur,” tutur Naeem seperti dikutip laman arabnews.com


Naeem juga menjelaskan bahwa umat Islam harus merasa bertanggung jawab atas Ramadhan mereka. “ Apakah kami dapat menyelenggarakan sholat berjamaah, buka puasa bersama, dan acara yang biasa dilakukan atau tidak. Berpuasa setiap Senin dan Kamis, seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW, untuk mempersiapkan diri selama sebulan berpuasa,” tambah Naeem.


Dengan mempersiapkan sejak dini umat Islam akan tetap bisa tumbuh subur dalam spiritualitas dan kedekatan kita dengan Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain