Pondok Pesantren Mempunyai Tiga Potensi untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi

menag

Ada tiga potensi pondok pesantren yang dapat meningkatkan kemandirian ekonomi. Kedepan ketiga potensi ini dapat dijadikan menciptakan kemandirian ekonomi pesantren dan penguatan ekonomi umat.

“Setidaknya ada tiga potensi besar yang dimiliki oleh pondok pesantren dalam perannya memandirikan ekonomi umat,” ungkap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam Milad Pesantren Motivasi Indonesia ke-9 yang digelar secara daring, Minggu (28/2/2021).

. Ditambahkan oleh Menag bahwa potensi pertama pesantren dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi adalah jumlah santrinya  luar biasa. “Jumlah yang sangat banyak itu bisa menjadi modal luar biasa.

Menurut menteri potensi yang kedua adalah peran pondok pesantren sebagai penghubung masyarakat sekitar. “Beberapa waktu lalu, Kiai NH sudah menceritakan kepada saya, bagaimana Pesantren Motivasi Indonesia ini bisa menjadi penghubung antara UMKM pesantren dengan pasar dan konsumen. Ini sangat luar biasa dan saya kira bisa menjadi contoh bagi yang lain,” sambungnya.

Adapun potensi ketiga, peran pesantren dalam pengumpulan zakat dan wakaf umat. Selama ini, pesantren menjadi lembaga pendidikan yang dipercaya oleh masyarakat, termasuk dalam pengelolaan zakat dan wakaf. 

“Tiga potensi yang dimiliki ini sangat berpotensi untuk menciptakan kemandirian ekonomi pesantren dan membangun kekuatan ekonomi umat,” terang Gus Menteri. “Bila potensi ini dioptimalkan maka  kemandirian ekonomi tidak hanya menyejahterakan pesantren, tapi masyarakat sekitar,” tandasnya.

Adapun Pesantren Motivasi Indonesia, yang diasuh oleh KH Ahmad Nurul Huda Haem, salah seorang pengurus di Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Pesantren ini diperuntukkan bagi anak-anak yatim.

Sebuah pesantren schooling yang memfasilitasi kegiatan belajar mengajar ala sekolah. Hanya saja, bobot materi pembelajaran, kurikulum yang diterapkan, dan pola pembelajaran dirancang secara bebas dengan menyesuaikan kebutuhan santri.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw