Masjid Istiqlal Kembali Dibuka untuk Kegiatan Ramadhan

masjis istiqlal

Masjid kebanggaan umat Islam Indonesia, masjid Istiqlal kembali dibuka untuk melaksanakan kegiatan Ramadhan ini. Namun pengelola terbesar es Asia Tenggara ini hanya dibatasi 2000 jamaah. Dalam pelaksaannya akan diterapkan protokol kesehatan yang ketat  

“Kita bisa memastikan bahwa seluruh peribadatan selama bulan Ramadan tetap bisa dilaksanakan selama mematuhi protokol kesehatan,”kata Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi di Masjid Istiqlal beberapa waktu lalu. Zainut juga menyambut baik dibukanya kembali pelaksanaan ibadah dan kegiatan keagamaan pada bulan Ramadhan 1442 H di Masjid Istiqlal.

Ditambahkan oleh Zainut bahwa Menag Yaqut Cholil Qoumas sudah mengeluarkan Surat Edaran tentang Pedoman Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442H/2021M. “Panduan ini harus diikuti oleh semua pihak. Baik oleh pengurus masjid dan musala, pengelola restoran, serta masyarakat muslim,” tutur Wamenag.

Menurutnya selain penerapan protokol kesehatan petugas keamanan yang ditugasi secara khusus mengawasi protokol kesehatan harus maksimal menjalani tugasnya.Mereka akan bertugas mulai dari para ibadah, ibadah dan usai ibadah untuk memberi kenyamanan kepada umat yang akan beribadah.  

Sementara itu menurut Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar saat ini  pihaknya sudah melakukan pembahasan untuk mengatur jumlah pengunjung yaitu 2.000 jemaah bersama Menteri Agama dan kementerian/lembaga lainnya terkait dibukanya kembali Istiqlal .

“Hari ini kita sudah melaksanakan uji coba secara terbatas dalam Salat Jumat dan alhamdulillah berjalan dan terkontrol dengan baik. Insya Allah diharapkan pada bulan Ramadhan tahun ini jemaaah yang akan beribadah di Masjid Istiqlal akan dibatasi atau hanya sekitar 2.000 jemaah di ruang utama karena kita tidak mengunakan koridor,” ujar Nasaruddin.

Disebutkan masjid hanya akan menampung sekitar 2.000 jemaah dari total daya tampung sebanyak 250 ribu jemaah pada pelaksanaan ibadah salat tarawih.

Dalam acara pembukaan kembali Masjid Istiqlal tampak hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.  Wakil Ketua Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengimbau masyarakat yang ingin tarawih ke Masjid Istiqlal membawa sajadahnya masing-masing. “Pastikan juga sajada yang dibawa itu bersih dan telah dicuci. Kami tidak memasang alas atau karpet karena mematuhi protokol kesehatan,”katanya . Di masjid Istiqlal sendiri kegiatan Ramadhan kali ini tanpa buka puasa dan sahur bersama. Masjid dikosongkan pukul  20.00 WIB dan langsung disterilkan.

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang