MUI Salurkan Donasi untuk Pembangunan RSI Hebron

rsi hebron

Majelis Ulama Indonesia berhasil mengumpulkan dana untuk pembangunan RSI Hebron Palestina sebesar 19,1 Miliar. Donasi tersebut diterima langsung duta besar Palestina untuk Indonesia Zuhair al Shun.

Sumbangan sebesar itu  berasal dari masyarakat yang dihimpun MUI sebesar 1.5 Miliar, dari ustadz Adi Hidayat  sejumlah 14,5 miliar dan youtuber Fadil Jaidi sebesar 3 milair. “Kami menyerahkan melalui Majelis Ulama Indonesia lalu diteruskan kepada Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun sejumlah 1 juta Dolar US (Rp 14 miliar),” kata UAH, begitu akrab disapa, saat konferensi pers di Kantor DSN MUI, Jakarta, Senin (24/5).

Apresiasi ditunjukkan oleh Wakil Ketua Umum MUI Pusat,  Buya Anwar Abbas yang memuji dan bertima kasih kepada ustad Adi Hidayat yang berhasil mengumpulkan donasi yang sangat bantak. Hal senada juta dikemukakan oleh Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI, KH Muhyiddin Junaidi. Sedangkan youtuber Fadil Jaidi menyerahkan bantuan tersebut setelah dikumpulkan melalui kitabisa.com.

Disebutkan bahwa saat ini sudah ada satu rumah sakit Indonesia di Gaza. Sejak tahun 2020 MUI telah mendatangi nota kesepahaman Kerjasama Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron dengan walikota Hebron. MUI bertugas menyediakan dana Rp.100 Miliar eupiah untuk pembangunan rumah sakit berlantai empat ini. Sedangkan walikota Hebron bertugas menyediakan lahan seluas 4000 meter pesergi. Pada 17 Mei lalu Paniatia mencanangkan sebuah gerakan yang diberi nama “Gerakan Aliansi Amal Kemanusiaan untuk RSIH Palestina.

Rumah sakit tersebut rencananya akan dibangun untuk menampung para pasien di wilayah Hebron yang berpenduduk sekitar 1,2 juta yang membutuhkan bantuan pengobatan, khususnya untuk fisioterapi dan rehabilitasi.

Menurut MUI pembangunan RSI Hebron adalah sebagai bentuk solidaritas untuk perjuangan bangsa Palestina mencapai kemerdekaan. Selain bantuan kemanusiaan, MUI juga melakukan dukungan politis kepada Pemerintah Indonesia untuk menghentikan penjajahan Israel sangat penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain