KH Nawawi Abdul Jalil Sidogiri Wafat

kh nawawi

Innalillahi wa Inna Ilaihi rojiun. Salah satu ulama karisimatik Indonesia, KH Nawawi Abdul Jalil wafat. Pengasuh pesantren Sidogiri ini meninggal setelah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Raci Kecamatan Bangil Pasuruan Jawa Timur.  Kiai Abdul Jalil dikenal juga salah satu musytasar Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU).

KH Nawawi Abdul Jalil merupakan putra dari pasangan KH Abdul Jalil bin Fadhil dan Nyai Hanifah putri dari KH Nawawie bin Nurhasan. Kakek dari ibunya adalah ulama yang sezaman dengan Hadrotussyaikh KH Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama.

Dilansir nu.or.id, Kiai Nawawi melanjutkan estafet kemepimpinan pesantren Sidogiri sejak 2005. Beliau menggantikan KH Abdul Alim bin KH Abdul Jalil yang wafat. Beliau dikenal sebagai orang yang zuhud dan mencintai dengan dunia keilmuan.

Selain itu Kiai Nawawi dikenal sebagai pengasuh yang sangat dekat dengan santrinya. Tidak segan beliau kerap terlihat mengontrol sendiri kamar-kamar santri terutama di malam hari. Menurut pengakuan santri hal  ini disebabkan bahwa Kiai Nawawi menginginkan agar santri beribadah dan memuthala’ah pelajaran di malam hari. Bahkan Kiai Nawawi selalu memotivasi para santri untuk mengajar pada saat mereka sudah kembali ke rumahnya.

KH Nawawi Sidogiri dikenal sebagai salah satu kiai Khos Nahdlatul Ulama. Saat pelaksanaan  Muktamar ke-33 NU di Jombang, Kiai Nawawi duduk sebagai anggota Ahlul Halli Wal-Aqdi (AHWA) yang bermufakat untuk menentukan kepemimpinan di dalam organisasi Islam berdiri 1926 ini. Tidak hanya itu beberapa tokoh nasional sering sowan ke beliau untuk mendapatkan nasehat.

Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan adalah salah satu pesantren tertua di Indonesia. Pesantren yang sendiri didirikan pada 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban. Pendirinya masih mempunyai trah dengan Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Di era sekarang pengaruh pesantren Sidogiri menjadi masyhur tatkala menjadi model pesantren mandiri melalui pengembangan BMT-BMT Syariah yang menyebar terutama di hampir setiap kabupaten di Jawa Timur. Al Fatihah

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw