Kemenag Terbitkan Surat Edaran Kegiatan di Rumah Ibadah

menag

Tingginya angka penyebaran Covid 19 akhir-akhir ini, Kementerian Agama  mengeluarkan surat edaran. Surat edaran kegiatan di rumah ibadah tersebut agar dijadikan pedoman untuk masyarakat melakukan kegiatan di rumah ibadah.  

“Saya telah menerbitkan surat edaran, sebagai panduan upaya pencegahan, pengendalian, dan pemutusan mata-rantai penyebaran Covid-19 di rumah ibadah,” ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Rabu (16/6/2021) seperti dilansir laman kemenag.go,id

Melalui Surat Edaran No SE 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah,Menteri Agama berharap umat beragama tetap bisa menjalankan aktivitas ibadah sekaligus terjaga keselamatan jiwanya dengan cara menyesuaikan kondisi terkini di wilayahnya. 

Ditambahkan oleh Menteri Agama bahwa untuk kegiatan keagamaan di daerah zona merah untuk sementara ditiadakan sampai wilayah tersebut dinyatakan aman dari Covid-19. Penetapan perubahan wilayah zona dilakukan oleh pemerintah daerah masing-masing. “Kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan, seperti pengajian umum, pertemuan, pesta pernikahan,  dan sejenisnya di ruang serbaguna di  lingkungan rumah ibadah juga dihentikan sementara di daerah zona merah dan oranye sampai dengan kondisi memungkinkan,” terang Menag.

Selain itu juga meminta kepada jajarannya untuk melakukan pemantauan pelaksanaan surat edaran kegiatan di rumah ibadah ini secara berjenjang.  “Lakukan koordinasi secara intensif dengan pemerintah daerah dan Satuan Tugas Covid-19 setempat,”ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau meminta pada pemerintah pusat agar meniadakan libur panjang pada Idul Adha mendatang. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi sebaran Covid-19 usai kasus corona melonjak akibat libur panjang Idul Fitri.

“Jadi kami dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat merekomendasikan pada Pemerintah Pusat untuk tidak ada libur panjang tersebut,” kata Ridwan seperti dilansir dari laman pikiran-rakyat.com. Ridwan meminta Pemerintah Pusat ‎agar mengeluarkan petunjuk pelaksanaan ibadah Idul Adha. “Diharapkan began begini warga dapat menunaikan ibadahnya namun libur dan mudiknya ditiadakan. Terlebih angka kasus harian di Jabar kini mencapai angka di atas 1.000 sejak bulan Mei lalu,” ucapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw