Masjid Nejashi Dibangun Kembali

masjid nejashi

Turki memberikan bantuan dalam pembangunan kembali masjid Nejashi. Salah satu masjid tertua didunia ini sebagian hancur karena konflik bersenjata. Masjid yang didirikan di Ethiopia ini merupakan peninggalan sahabat Nabi pada abad ke tujuh dan terletak diTigray, Ethiopia.

Masjid ini sebagian hancur akibat konflik pejuang Pembebasan Masyarakat Tygray (TPLF) dengan pemerintah yang berkuasa saat uniu. Masjid ikonik Ethiopia ini oleh sahabat Rasulullah saat hijrah dari Makkah menuju Ethiopia melintasi Laut Merah. “Kami telah berkomunikasi dengan otoritas Tigray di Mekele,”ungkap Cengiz Polat, Kordinator TIKA di Ethipia, kepada Anadolu Agecy.

Masjid Nejashi persisnya terletak di wilayah Wukro. Masjid ini adalah salah satu masjid tertua di Afrika. Letaknya 790 kilometer dari ibu kota Addis Ababa. Disebutkan bahwa kota  Negash adalah kota kecil yang kaya akan sejarah di negara itu. Kota ini identik dengan Islam karena merupakan tempat pemukiman Muslim pertama terjadi di dunia. Kota Negash saat ini termasuk wilayah Tigray saat ini.

Masjid Nejashi ini menurut Ibn Ishaq’a Sira dilatarbelakangi oleh hijrahnya para pengikut Nabi SAW ke  Habasyah. Kala itu Nabi Muhammad menyadari bahwa dia tidak dapat melindungi para pengikutnya dari Quraisyh yang berkuasa kala itu. Nabi kemudian berkata,” Pergilah ke Habesha, di sana ada raja Kristen. Ada keadilan di kerajaannya. Habesha (Habasyah) adalah tanah kebenaran. Karena itu pergilah ke sana sampai kita meraih kemenangan dengan pertolongan Allah ”. Menurut Ahmedin Jebel, seorang sarjana dan penulis Muslim Ethiopia bahwa masjid ini dibangun oleh pengikut awal nabi yang melarikan diri dari penganiayaan.

Kehancuran masjid ini tidak terlepas dari konflik di wilayah utara Tigray, Ethiopia  ini. Merujuk data dari UN, lebih dari 1 juta orang mengungsi dari Tigray selama konflik. Total pengungsi selama konflik mencapai lima juta orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw