Imbauan MUI Terkait Solat Jumat di Zona Merah

anwar

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghimbau umat Islam yang berada di zona merah Covid 19 untuk tidak melaksanakan solat Jumat dan solat berjamaah di masjid. Imbauan itu sejalan dengan fatwa MUI tekait dengan wabah Covid yang terus melonjak korbannya.  

“Berdasarkan fatwa-fatwa yang dikeluarkan, MUI meminta masyarakat tidak melaksanakan shalat Jumat dan shalat berjamaah di daerah terkategori zona merah, ”ungkap Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Buya Anwar Abbas, Jumat (25/06) di Jakarta.

KH Anwar Abbas juga mengatakan ajakan untuk sementara waktu tidak melaksanakan solat berjamaah diluar rumah sesuai dengan al Quran dan hadis. “Umat Islam tidak boleh melangsungkan kegiatan yang mencelakai diri sendiri dan orang lain. Saat ini banyak sekali orang yang statusnya tanpa gejala (OTG), secara fisik sehat, namun di dalam dirinya terpapar Covid-19. Akan sangat berbahaya apabila ada yang berkontak dengan OTG karena memungkinkan terpapar,” tuturnya. KH Anwa juga mengajak umat Islam di Indonesia yang berada di zona merah Covid-19 mengganti shalat Jumat dengan shalat Dhuhur di rumah.

KH Anwar Abbas juga mendukung kebijakan beberapa pimpinan daerah yang melarang berlangsungnya shalat Jumat dan menggantinya shalat Dhuhur bagi penduduk yang ada di zona merah. Hal ini dikarenakan penyebaran Covid-19 yang sudah tak terkendali.  “Saya khawatir ada saja pihak yang tidak tunduk dan patuh protokol kesehatan. Itu membahayakan dirinya dan orang lain. Maka khusus umat Islam di zona merah, wajib mengikuti pemerintah dan para ahli untuk mengganti shalat Jumat dengan shalat dhuhur di rumah,” tambahnya.

Sementara itu Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH. Cholil Nafis mengatakan pandemic covid yang terjadi saat ini sepatutnya menjadikan umat Islam Nafis untuk memperbanyak dzikir.  Hal ini disebabkan berita Covid-19 yang saat ini beredar membawa dampak negatif bagi psikologi masyarakat.

“Saya mendengarkan banyak berita duka belakangan ini dari teman-teman saya. Pemberitaan penguburan massal di media membuat saya khawatir. Solusi terbaik dari saya, adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT, “ungkapnya.

Kiai Cholil Nafis menambahkan dzikir menjadikannya lebih tenang di tengah maraknya informasi Covid-19 yang menakutkan. “Amalan ibadah seperti dzikir, shalawat, istighfar, dan membawa Al-Quran membuatnya merasakan ketenangan,” ungkapnya.

1 thought on “Imbauan MUI Terkait Solat Jumat di Zona Merah”

  1. Pingback: Doa Para Ulama Membantu Indonesia Lewati Ujian Pandemi » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain