Pengangkatan Kiswah Ka’bah, Tanda Musim Haji Dimulai

kiswah

Pengangkatan Kiswah Ka’bah dimulai. Lebih dari 40 tenaga spesialis melakukan kegiatan ini sebagai pertanda dimulainya musim haji tahun 2021. Sama seperti tahun lalu, pelaksanaan ibadah haji kali ini sangat dibatasi.  

Menurut Abdul Hamid Al-Maliki, wakil menteri untuk urusan Masjidil Haram, mengatakan timnya berjumlah 40 spesialis. Mereka bersama dengan tenaga medis dan teknis, mengawasi dan mengontrol keamanan proses pelaksana dan dari petugas yang telah ditunjuk. “Tim spesialis terdiri dari pejabat yang bertanggung jawab atas Kiswah, administrator dan orang-orang yang bertanggung jawab atas kualitas kiswah, serta tim observasi dan pengawasan yang memantau prosedur pengangkatan,” ungkap Abdul Hamid Maliki.

Penggantian kiswah atau kain Ka’bah akan dilakukan setelah salat Subuh pada hari kesembilan bulan Dzulhijjah. “Kainnya tidak akan menjuntai, sampai pembasuhan Ka’bah pada tanggal 15 Muharram,” tambah Abdul Halim. Dia melanjutkan bahwa kain penutup itu diangkat sesuai dengan prosedur, tindakan pencegahan, dan pedoman yang telah ada. “Mengangkat bagian bawah (Kiswah) adalah prosedur tahunan dan diangkat selama tiga jam, dari Rabu pukul 9 malam hingga Kamis tengah malam,” katanya.

Pengangkatan kiswah Ka’bah adalah tradisi tahunan ini bertujuan untuk melindungi kain dari jemaah haji saat mereka melakukan tawaf. Selain itu untuk menjaga benang sutra dari gesekan. Adanya pengangkatan sebagian kiswah Ka’bah pelaksana ibadah haji dimulai.

Dia menjelaskan akan ada tindak lanjut harian dari tim spesialis yang akan memantau stabilitas dan kondisi kain untuk memberikan perawatan segera jika diperlukan. Kiswah Ka’bah dibuat dari sutra murni yang menampilkan kaligrafi Islam yang dijahit dari benang emas dan perak oleh orang-orang Saudi yang profesional di bidangnya dan telah melalukan pelatihan bertahun-tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain