Doa Para Ulama Membantu Indonesia Lewati Ujian Pandemi

jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini doa para ulama membantu Indonesia melewati ujian pandemi yang sedang berlangsung saat ini. Hal itu dikatakan dalam sambutannya dalam acara Milad MUI ke 46 yang berlangsung secara virtual.

“Saya menyakini dengan doa para ulama dan ikhtiar yang sungguh-sungguh kita akan mampu melewati ujian yang sedang kita alami saat ini. Kuncinya ada dua pertama, kita harus patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan dan yang kedua adalah kecepatan vaksinasi untuk terwujudnya kekebalan komunal,” ujar Jokowi.

Selanjutnya presiden juga menyampaikan rasa terima kasih kepada MUI atas peran pentingnya selama ini yang dinilai memberikan imbauan penting kepada umat selama pandemi COVID-19. “Pemerintah juga sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas tausiyah MUI yang mengimbau umat Islam agar menjadi pelopor dalam mengatasi pandemi COVID-19. Hal ini mencerminkan komitmen luhur MUI untuk menjaga keselamatan jiwa dan kemaslahatan bersama,” tambah Jokowi.

Sementara itu Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa peran dan dia para ulama sangat penting dalam menumbuhkan kesadaran publik di masa pandemi COVID-19.  “Saya yakin ulama sangat didengar oleh masyarakat, sehingga berperan penting dalam menumbuhkan kesadaran publik. Saya ingin menegaskan kembali konteks ulama dan umara sangat penting dalam upaya mengakhiri pandemi dan melindungi masyarakat,” ujar Yaqut.  

Menurutnya MUI sebagai garda terdepan dalam mengedukasi dan mengajak masyarakat dalam menekan angka penularan dan kematian. Yaqut juga mengajak ulama untuk menyukseskan setiap kebijakan pemerintah.

Dalam perayaan Milad ke-46, MUI juga kembali menyelenggarakan Konferensi Fatwa MUI (Annual Conference on Fatwa Studies) setelah sempat terhenti pada tahun 2020 karena pandemi. Konferensi ini berlangsung mulai 26 hingga 28 Juli 2021. Selama dua hari, peserta yang lolos akan mempresentasikan makalahnya di hadapan panelis. Tahun ini, panelis tidak hanya dari komisi fatwa, namun juga dari komisi dan badan lain.

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

iblis

Dialog Sufi dan Iblis

Dikisahkan Junaid Al Bagdad, serang sufi yang masyhur ini ingin bertemu Iblis. Hingga suatu hari akhirnya berjumpalah dengan makhluk laknatullah ini. Ada dialog menarik ketika

kulit kentang

Sepuluh Manfaat Kulit Kentang

Kentang dikenal sebagai umbi-umbian yang kaya manfaat untuk tubuh. Selain menyehatkan , rasanya juga enak ketika direbus atau digoreng. Namun ternyata kulit kentang juga mempunyai