Festival Buraidah, Festival Kurma Terbesar di Dunia

buraidah

Pemerintah Arab saudi menggelar lagi sebuah festival kurma terbesar di dunia pada hari Mingu 1 Agustus 2021 besok. Festival yang dikenal dengan Festival Kurma Buraidah di gelar di kota Buraidah  yang merupakan ibukota kota provinsi Qasim .

Disebutkan tak kurang dari 4.000 pemuda dan pemudi akan ambil bagian dalam festival yang akan berlangsung selama 35 hari ini. Festival juga akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaanya. Kota Buraidah dikenal sebagai surga kuliner di Arab Saudi.

Festival Buraidah adalah pasar kurma tahunan dan terbesar di dunia yang menawarkan lebih dari 30 jenis kurma. Pada Festival ini tidak kurang dua ratus ribu ton kurma hasil panen yang diambil dari lebih dari delapan juta pohon palem. Disebutkan orang dari berbagai penjuru dunia datang dan mengambil bagian dan serta membeli kurma dari festival Buraidah yang bisa menghasilkan devisa yang banyak pada Arab Saudi.

Tidak hanya kurma yang disajikan dalam festival Buraidah ini juga ada program program yang terkait dengan sosial dan budaya.  Acara ini akan memberikan pengunjung pengalaman yang unik dan sangat layak untuk dikunjungi.  Berhubung wabah covid 19 beberapa tahun terakhir festival ini tidak diselenggarakan

Wilayah ini dikenal karena nilai pertaniannya ke Arab Saudi. Di Buraidah, pertanian masih menjadi tumpuan perekonomian. Festival ini diselenggarakan oleh provisni Qasim yang bekerjasama dengan Kementerian Kebudayaan, diwakili oleh Otoritas Seni dan Kuliner pemerintah setempat.

Buraidah memiliki jarak yang sama dengan Laut Merah di sebalah barat dan Teluk Persia di sebelah timur dan menjadi ibukota provinsi Al-Qasim. Ada lebih dari delapan juta pohon urma. Tak salah kalau wilayah ini menjadi salah satu produsen kurma terbesar di Timur Tengah. Disebutkan bahwa kota ini memproduksi 205 ribu ton kurma per tahunnya.

Tidak hanya itu, kota Buraidah merupakan sumber pangan Arab Saudi. Kota ini memiliki ladang lahan luas dan menghasilkan gandum dan  sayuran. Di wilayah ini pula ada proyek-proyek terbesar dibidang peternakan unggas dan produksi telur. Selain itu juga ada pasar unta yang merupakan pasar unta terbesar di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

iblis

Dialog Sufi dan Iblis

Dikisahkan Junaid Al Bagdad, serang sufi yang masyhur ini ingin bertemu Iblis. Hingga suatu hari akhirnya berjumpalah dengan makhluk laknatullah ini. Ada dialog menarik ketika

kulit kentang

Sepuluh Manfaat Kulit Kentang

Kentang dikenal sebagai umbi-umbian yang kaya manfaat untuk tubuh. Selain menyehatkan , rasanya juga enak ketika direbus atau digoreng. Namun ternyata kulit kentang juga mempunyai