Ada 605 Ulama Wafat Akibat Covid

Ada sekitar 605 kiai, ulama dan pengasuh pondok pesantren yang wafat akibat terkena covid. Data tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI hingga 7 Juli 2021. Untuk itu pemerintah program Jaga Kiai sebagai penghargaan kepada pada kiai atau ulama.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Presiden KH Makruf Amin dalam sambutannya saat meresmikan program Jaga Kiai. “Wafatnya para kiai dan ulama mempunyai arti sangat penting dan krusial bagi kehidupan umat. Rasulullah menegaskan bahwa ulama adalah pewaris para nabi. Oleh karenanya Rasul menegaskan wafatnya para kiai dan ulama sebagai musibah,” jelas Wapres.

Program ini adalah salah satu bentuk penghargaan negara atau pemerintah dalam menjaga dan memelihara kesehatan para kiai dan pengasuh pesantren yang telah berjasa bagi masyarakat, bangsa dan negara. “Ini salah satu bentuk penghargaan negara atau pemerintah dalam menjaga dan memelihara kesehatan para kiai dan pengasuh pesantren yang telah berjasa bagi masyarakat, bangsa dan negara,” ujar Wapres.

Para kiai dan ulama telah melakukan transformasi ilmu dan peradaban serta mengawal para santri demi pengembangan keilmuan di lingkungan pesantren. Para kiai juga telah mengajarkan sikap patriotik, cinta tanah air dan bela negara kepada setiap warga bangsa Indonesia, kata Wapres.

“Oleh karena itu, jasa dan peran besar para kiai, para ulama dan pondok pesantren terhadap perjuangan kemerdekaan dan proses pembangunan bangsa Indonesia sangat besar dan tidak bisa dihargai dengan sekadar materi,” ujarnya.

Wapres sangat mendukung program Jaga Kiai sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada para ulama dan pengasuh pondok pesantren di Indonesia, dengan memelihara kesehatan mereka di tengah pandemi COVID-19. Menurutnya musibah pandemi COVID-19 harus disikapi secara tepat dan tepat, sehingga seluruh pihak harus mengambil peran dalam ikhtiar pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Banyaknya ulama wafat akibat covid ini kemudian memicu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang menginisiasi program Jaga Kiai. Salah satu kegiatannya adalah dengan menyelenggarakan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada para ulama dan pengasuh pondok pesantren di sejumlah daerah.

2 thoughts on “Ada 605 Ulama Wafat Akibat Covid”

  1. Pingback: Ghirah Belajar Wakil Menteri Agama » Pitutur ID

  2. Pingback: Saat ini Pemuka Agama Hadapi Dua Tantangan Besar » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain