Ketua Utama Alkhairaat, Habib Saggaf Aljufri Wafat

habib sagaf

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Satu lagi ulama Indonesia berpulang. Kabar duka kali ini datang dari Palu. Ketua Utama Alkhairaat, Habib Sayyid Saggaf Muhammad Aljufri, wafat pada Selasa, (3/8/2021) Agustus sekitar pukul 15.50 WITA

Menurut Pengurus Besar (PB) Alkhairaat mengimbau, seluruh Komisariat Wilayah (Komwil) Alkhairaat dan Komisariat Daerah (Komda)  agar melaksanakan tahlilan atas meninggalnya Ketua Utama Alkhairaat, Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri, di tempat masing-masing.

 “Kita berada di tengah pandemi Covid-19, jadi diimbau agar tahlilan di rumah masing-masing. Sedangkan di Palu akan dilaksanakan di Masjid Alkhairaat, tapi nanti kita melihat situasinya,” imbau Ketua Umum PB Alkhairaat, Habib Ali bin Muhammad Aljufri.  

Menurut Habib Ali, jenazah akan dilepas pada Rabu, 4 Agustus 2021 pada pukul 10.00 WITA. Jenazah dishalatkan di kompleks Alkhairaat, tepatnya di lapangan di dalam depan Gedung Almuhsinin dan dimakamkan di Masjid Alkhairaat, tepat di samping adiknya, HS Abdillah bin Muhammad Aljfuri. “Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melayat atau menghadiri pemakaman besok agar menerapkan protokol kesehatan,” imbau Habib Ali.

Selain sebagai Ketua Utama AlKhairaat, Habib Saggaf dikenal sebagai cendekiawan Islam Indonesia yang sangat dihormati masyarakat Palu bahkan sekala nasional. Beliausering menjadi tempat rujukan pada pejabat negara. Beliau adalah pendakwah yang terus melakukan kegiatannya di masyarakat. Di usia yang sudah sangat sepuh, tidak pernah meninggalkan dakwahnya di berbagai wilayah seperti Ternate dan Kalimantan.

Ulama yang lahir di Pekalongan ini lahir pada  ]17 Agustus 1937 itu.  Selain mengabdi di Al Khairat, Habib Saggaf  pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Tengah dan menjadi anggota MPR dari Sulawesi Tengah. Habib Saggaf menyelesaikan pendidikannya di Muallimin Alkhairaat di Palu, kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir pada 1959 dan meraih gelar sarjana pada 1963, kemudian melanjutkan ke Strata Dua di universitas yang sama, lulus pada 1967. Setelah kembali dari Al Azhar, Habib Saggaf Aljufri membaktikan diri dan ilmunya untuk Alkhairaat. Beliau juga aktif berdakwah di seluruh pelosok Tanah Air, sekaligus mendirikan Madrasah Alkhairaat.

Alkhairaat adalah organisasi komunitas Islam terbesar di Indonesia Timur yang berbasis di Palu,Sulawesi Tengah. Organisasi ini didirikan oleh ulama Arab Indonesia yang lahir di Hadhramaut bernama Habib Sayyid Idrus bin Salim al-Jufri pada 30 Juni 1930; 91 tahun lalu.

1 thought on “Ketua Utama Alkhairaat, Habib Saggaf Aljufri Wafat”

  1. Pingback: Para Ulama Kembali kepada Rasa Tanggung Jawabnya » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain