Kementerian Arab Saudi : Pelaksanaan Ibadah Umroh Dibuka

umroh

Kementerian Arab Saudi mengumumkan telah membuka permintaan untuk pelaksanaan ibadah umroh pada tahun ini. Hal tersebut dikatakan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang menhatakan bahwa mereka akan menerima permintaan umrah mulai 9 Agustus 2021

Pihak Kementerian Arab Saudi mengatakan bahwa kapasitas peziarah akan mencapai 60.000 yang didistribusikan selama delapan periode pelaksana ibadah umroh. Sehingga kapasitas menjadi dua juta peziarah per bulan. Para jamaah umroh itu nantinya dapat melakukan ibadahnya dan mengunjungi serta berdoa di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Kantor berita resmi Arab Saudi, SPA melaporkan bahwa penerbitan izin akan melalui aplikasi “Eatmarna” dan “Tawakkalna”.  Sementara itu Wakil Menteri Haji dan Umrah, Abdulfattah bin Sulaiman Mashat, menjelaskan bahwa kementerian bekerja dalam koordinasi dengan otoritas lain sebelum musim umrah mendatang untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para jemaah selama perjalanan mereka.

Bagi warga sekitar dua masjid suci, vaksinasi COVID-19 merupakan prasyarat untuk melaksanakan umrah dan berziarah serta shalat di dua masjid suci tersebut. Hal ini diberlakukan juga bagi jamaag umroh yang datang dari luar kerajaan. Mereka harus menunjukkan sertifikat resmi vaksinasi dari negaranya, selain vaksin dari daftar vaksin yang disetujui oleh Arab Saudi. Kedatangan juga harus mematuhi prosedur karantina institusional.

Sedangkan Wakil Menteri Perhubungan Arab Saudi menyatakan jumlah penumpang angkutan antar jemput tidak akan melebihi 50 persen dari kapasitasnya, dengan tetap menjaga jarak aman di dalam, dan memastikan izin jemaah yang dikeluarkan melalui aplikasi sebelum diizinkan naik.

Arab Saudi menargetkan jumlah jamaah umroh yang bisa melakukan ibadahnya mencapai 2 juta orang per bulan. Pembukaan ini tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat muslim dunia, karena beberapa waktu lalu pelaksana ibadah umroh dihentikan sementara akibat pandemi Covid 19.  

1 thought on “Kementerian Arab Saudi : Pelaksanaan Ibadah Umroh Dibuka”

  1. Pingback: Semenjak Dibuka Kembali, Sepuluh Juta Jamaah telah Melakukan Ibadah Umroh » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain