Kemenag Buka Seleksi Imam Masjid untuk Ditempatkan di Uni Emirat Arab

Melalui Kementerian Agama, pemerintah Uni Emirat Arab membuka seleksi imam masjid untuk negaranya. Seleksi akan berlangsung secara virtual pada 25-27 Agustus mendatang.

“Kemenag kembali melaksanakan seleksi Imam Masjid untuk ditugaskan di Uni Emirat Arab. Pelaksanaannya secara virtual. Kita akan menjaring lebih banyak calon imam dari seluruh Indonesia,” ungkap Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin.

Ditambahkan oleh Amin pengiriman imam masjid ini adalah bagian dari kerja sama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Uni Emirat Arab. “Program pengiriman imam asal Indonesia ini turut berkontribusi pada peningkatan kerja sama bilateral kedua negara, termasuk meningkatkan citra Indonesia,” tambahnya.

Pemilihan imam masjid asal Indonesia bukan tanpa alasan. Menurut  Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Syamsul Bahri imam masjid asal Indonesia diminati lantaran berpaham ahlus sunnah wal jamaah. Hal “Indonesia ini memiliki jumlah umat Islam terbesar di dunia. Indonesia memiliki banyak lembaga pendidikan Islam. Umat Islamnya moderat, berperilaku mulia, pahamnya ahlus sunnah wal jamaah dan cara pikirnya wasathiyah (moderat). Selain keampuan dan kefasihannya membaca al Qur’an,” kata Syamsul.

Disebutkan seleksi imam ini adalah tindak lanjut dari kunjungan Presiden Jokowi ke Uni Emirat Arab pada 2020. Dalam kesempatan tersebut Putra Mahkota Syeikh Zayed meminta secara khusus 200 imam masjid asal Indonesia untuk ditugaskan di sana.

Seleksi pertama dilakukan pada 2020 oleh Kemenag. Pendaftaran dibuka pada 13-22 Agustus 2021. Seleksi akan dilakukan secara daring pada 25-27 Agustus 2021. Seleksi ini ditargetkan bisa menjaring sebanyak 74 imam sehingga pada 2021 ini terdapat 100 imam yang siap dikirim ke Uni Emirat Arab.

Seleksinya berlangsung dua kali. “Pertama oleh Kemenag yang melibatkan pakar Al-Qur’an. Kedua oleh Otoritas Uni Emirat Arab. Karena pandemi Covid-19, kita laksanakan secara virtual. Pendaftaran melalui website bimassslam.kemenag.go.id menu Seleksi Calon Imam Masjid,” pungkas Syamsul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

iblis

Dialog Sufi dan Iblis

Dikisahkan Junaid Al Bagdad, serang sufi yang masyhur ini ingin bertemu Iblis. Hingga suatu hari akhirnya berjumpalah dengan makhluk laknatullah ini. Ada dialog menarik ketika

kulit kentang

Sepuluh Manfaat Kulit Kentang

Kentang dikenal sebagai umbi-umbian yang kaya manfaat untuk tubuh. Selain menyehatkan , rasanya juga enak ketika direbus atau digoreng. Namun ternyata kulit kentang juga mempunyai