OKI Akan Memfasilitasi Perdamaian di Afghanistan

oki

Negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam menegaskan komitmennya untuk membantu warga Afghanistan ke perdamaian, keamanan, stabilitas, dan pembangunan. Hal tersebut dinyatakan dalam pertemuan darurat KTT Islam di Arab Saudi, Minggu 22Agustus 2021

Dalam pertemuan darurat yang dihadiri 57 negara menegaskan kembali komitmennya terhadap Afghanistan selama krisis. Pertemuan itu juga mendesak kepemimpinan Afghanistan ke depan melakukan rekonsiliasi nasional dan mematuhi piagam dan resolusi PBB. “Perang telah berhenti, dan aliran darah telah berhenti setelah 20 tahun mengalir. Perdamaian dan stabilitas sekarang kembali ke negara itu. Sejak pengambilalihan oleh Taliban, kami belum mendengar suara peluru di ibu kota,” ungkap Dr. Shafiq Samim, perwakilan tetap Afghanistan di OKI  

Disebutkan oleh Samin bahwa pengumpulan bantuan kemanusiaan merupakan hal yang penting dari pembicaraan tersebut. “Kami menyerukan perlindungan dan penghormatan hak untuk hidup dan keamanan dan martabat rakyat Afghanistan, sesuai dengan perjanjian hak asasi manusia internasional,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal OKI Dr Yousef Al-Othaimeen memperingatkan bahwa masyarakat internasional dan partai yang berkuasa harus bekerjasama untuk memastikan bahwa Afghanistan tidak digunakan sebagai surga bagi kelompok teror. Dia mengatakan masyarakat internasional dan OKI mengharapkan pihak berwenang Afghanistan untuk mempromosikan dialog inklusif di antara kelompok masyarakat, rekonsiliasi nasional, menghormati perjanjian dan konvensi internasional, dan mematuhi standar yang mengatur hubungan internasional yang diabadikan dalam piagam dan resolusi PBB.

 “Kami sangat yakin bahwa komunitas internasional, Dewan Keamanan, mitra dan organisasi regional, harus segera memberikan semua dukungan dan bantuan untuk mengakhiri kekerasan dan memastikan pemulihan keamanan, ketertiban umum, dan stabilitas di Afghanistan tanpa campur tangan dalam urusan internalnya. sehingga stabilitas dan keamanan dapat pulih kembali,” katanya.

1 thought on “OKI Akan Memfasilitasi Perdamaian di Afghanistan”

  1. Pingback: Kemenag Beri Bantuan Operasional untuk Masjid dan Musola » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain