80 Fotografer Dunia Galang dana untuk anak-anak di Gaza

taswer

Tak kurang dari 80 fotografer dari seluruh dunia bergabung dalam sebuah kampanye donasi bagi anak-anak di Gaza, Palestina. Kampanye yang menjual cetakan foto para fotografer dunia ini diselenggarakan oleh situ Darat Al Tasweer sebuah lembaga fotografi Yordania. Ternyata peminatnya sangat banyak

Linda Al-Khoury, pendiri Darat Al Tasweer, bersama dengan fotografer Iman Al-Dabbagh, Sharif Sarhan dan Laura Boushnak adalah penggagas aksi donasi tersebut yang diambil dari penjualan cetak foto. Ide awalnya datang dari Khouri yang memikirkan cara membantu warga Palestina akibat kekerasan di Gaza pada bulan Mei. Gayung bersambut akhirnya terkumpul 80 fotografer yang bersedia ikut dalam aksi donasi ini.

Kelompok ini kemudian memutuskan untuk mengatur penjualan cetak online untuk menjangkau orang-orang di luar Yordania.  Mereka berhasil mendapatkan 80 fotografer untuk menyumbangkan masing-masing satu karya untuk dijual dengan harga tetap $100. “Semua fotografer yang kami hubungi dengan cepat menerima undangan untuk berpartisipasi. Kami sangat berterima kasih kepada mereka atas kepercayaan mereka pada kami dan kampanye ini,” kata Al-Khoury.

Ternyata aksi ini diminati banyak orang. Dalam waktu empat hari telah terjadi 100 pesanan. Total sudah ada 240 foto terjual pada akhir kampanye. Pesanan datang dari banyak negara, mulai Amerika Serikat, Brasil, Australia, negara-negara Teluk, Mesir, dan Lebanon. Hal inilah membuat al Khoury dan kwan-kawannya tambah bersemangat.

“Semua fotografer yang kami hubungi dengan cepat menerima undangan untuk berpartisipasi. Kami sangat berterima kasih kepada mereka atas kepercayaan mereka pada kami dan kampanye ini”

“Para fotografer yang berpartisipasi bebas mengirimkan foto. Keragaman foto inilah yang membantu penjualan. Kami tidak hanya ingin mendukung perjuangan Palestina saja, kami juga ingin orang-orang mendapatkan foto yang indah karya fotografer yang mereka sukai, sambil mendukung (Gaza),” tambah Khouri. Dana dari penjualan foto itu diarahkan untuk proyek produksi kecil sesi terapi seni untuk anak-anak Di gaza. Senang dengan keberhasilan kampanye terhadap anak-anak di Palestina, Al-Khoury sekarang sedang mempertimbangkan juga untuk mengadakan pengembangan kampanye dalam bentuk lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain