Penguasa Sharjah Sumbangkan 12.000 Buku Islam Langka

sharjah

Penguasa Sharjah Dr Sultan bin Muhammad Al Qasimi menyumbangkan 12.000 buku Islam langka ke House of Wisdom. Adanya buku langka tersebut mendorong perpustakaan ini sebagai salai satu perpustakaan terbaik dunia.

Sebuah tim sedang melalukan upaya mengkategorikan buku-buku Islam langka tersebut dan kemudian akan dipresentasikan dalam pameran khusus.  Adapun tanggal dan waktunya belum ditentukan. Namun pameran buku langka itu akan dibuka untuk umum.

The House of Wisdom adalah salah satu tujuan budaya baru Sharjah, sebuah kota yang ikonik dengan bangunan dan pameran buku terbesar di dunia. Bahkan tahun 2019 kota ini diberi kehormatan sebagai salah Ibukota Buku Dunia oleh UNESCO.

“Salah satu koleksi berharganya adalah Haza kitab-i mustatab-i Vasaya-yi Khvajah Nizam al-Mulk edisi langka tahun 1888 , yang ditulis oleh wazir Persia bernama Abu Ali Hasan ibn Ali Tusi atau lebih dikenal sebagai Nizam al-Mulk.”

Beberapa buku Islam langka langka tersebut salah satunya berasal dari perpustakaan pribadi sejarawan Jerman Richard dan Elizabeth Ettinghausen. Keduanya adalah spesialis dalam seni Islam dan Arab. Seperti diketahui bahwa Sheikh Dr Sultan bin Muhammad Al Qasimi telah mengakuisisi perpustakaan Ettinghausens. Koleksi yang ada memuat judul-judul yang ditulis dalam lebih dari 10 bahasa, termasuk Arab, Inggris, Jerman, Jepang, Urdu, dan Rusia.

Keluarga Ettinghausens ini dianggap sebagai dua akademisi paling terkenal di dunia dalam seni dan arsitektur Islam. Perpustakaan mereka mencakup penelitian langka tentang seni di dunia Islam seperti di Iran, India, Spanyol, dan Turki.

Salah satu koleksi berharganya adalah Haza kitab-i mustatab-i Vasaya-yi Khvajah Nizam al-Mulk edisi langka tahun 1888 , yang ditulis oleh wazir Persia bernama Abu Ali Hasan ibn Ali Tusi atau lebih dikenal sebagai Nizam al-Mulk.

Sementara itu Marwa Al Agroubi, direktur House of Wisdom, berterima kasih kepada penguasa Sharjah atas donasi tersebut. Menurutnya sumbangan buku tersebut merupakan bentuk konsistensi dari bagi kemajuan dunia perbukuan, penulisan dan perpustakaan

House Of Wisdom adalah perpustakaan yang diresmikan pada Desember 2020 oleh Sheikh Dr Sultan bin Muhammad Al Qasimi. Perpustakaan tersebut telah mengoleksi lebih dari 300.000 buku di area seluas 12.000 meter persegi. Bangunannya yang ikonik dan indah menjadikan perpustakaan menjadi salah satu destinasi wisata.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain