Semenjak Dibuka Kembali, Sepuluh Juta Jamaah telah Melakukan Ibadah Umroh

umroh

Tercatat sudah ada 10 juta jamaah yang melakukan ibadah Umroh sejak dibuka kembali pada Oktober tahun lalu> saat ini pemerintah Arab Saudi menargetkan 3,5 jamaah per bulannya.

Hal ersebut dinyatakan oleh Kementerian Haji dan Umrah Saudi. Pihak  Kementerian juga mengatakan akan terus melakukan segala upaya untuk melindungi kesehatan dan keselamatan jemaah, jemaah dan pengunjung masjid, dan mendesak semua orang untuk mengikuti semua instruksi dan mematuhi langkah-langkah pencegahan yang dirancang untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Tercatat mengungkapkan bahwa lebih dari 12.000 visa telah dikeluarkan sejak Agustus tahun 9n9 sekali lagi mulai menyambut peziarah dari negara lain pada 10 Agustus tahun ini. Abdul Fattah bin Sulaiman Mashat, wakil menteri haji dan umrah, mengatakan kapasitas yang ada saat ini adalah 70.000 jamaah per hari.

Ia menambahkan, vaksinasi penuh merupakan prasyarat untuk pemberian izin kepada jemaah umrah dan jemaah lainnya yang ingin mengunjungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Izin dikeluarkan melalui aplikasi Tawakkalna. Otoritas kesehatan di Kerajaan telah menyetujui penggunaan vaksin untuk semua orang di atas usia 12 tahun.

Mashat menambahkan bahwa pihaknya membuka kembali umroh untuk jemaah haji dari negara lain pada 10 Agustus lalu.  Pihak berwenang Saudi mengatakan mereka terus memperbarui daftar negara dari mana jemaah dapat memasuki Kerajaan, berdasarkan perkembangan pandemi dan indikator kesehatan, dan menteri mengatakan jumlah yang datang dari negara lain terus meningkat. Pengunjung internasional disarankan untuk mendaftarkan status vaksinasi mereka di platform Muqeem 72 jam sebelum bepergian ke Kerajaan. Jamaah juga dapat menerima bantuan dari pusat pelayanan haji dan umrah.

Sementara itu ada musim panas ini, Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci membagikan 5.000 payung kepada jamaah dan pekerja di Masjidil Haram pada hari Jumat lalu. Pembagian payung bertujuan untuk menjaga keselamatan pengunjung dan peziarah bersama dengan staf keamanan dan petugas kesehatan di Masjidil Haram. Sebelumnya, sejumlah jemaah memuji inisiatif tersebut dan berterima kasih kepada para pemimpin Arab Saudi atas perhatian mereka terhadap kenyamanan dan keselamatan jemaah haji.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain