Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Mulai Perkuliahan Perdana

UIII

Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) akan memulai perkuliahan perdana pada Senin, 27 September 2021. Dalam pembukaan kuliah ini akan hadir Menteri Agama dan mantan wapres Yusuf Kalla.

“Upacara pembukaan perkuliahan, akan dilaksanakan sore ini, yang kita sebut dengan Academic Convocation. Ini akan jadi tradisi di UIII,” ungkap Bahrul Hayat Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Manusia UIII. Rencananya academic convocation akan dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas  dan Ketua Majelis Wali Amanat  UIII Jusuf Kalla. “Sementara mahasiswa-mahasiswa ini akan mengikuti Academic Convocation secara daring,”jelasnya.  

Adapun pengambilan waktunya sengaja sore hari mengingat yang mengikuti acara tersebut bukan hanya dari Indonesia saja tetapi juga beberapa  negara lain. “Sengaja kita buat pembukaan ini sore, karena mahasiswa yang mengikuti ini bukan hanya dari Indonesia saja. Tapi ada yang dari Kanada, ada yang dari Mesir, dan sebagainya,” imbuhnya.

Bahrul mengungkapkan pada awal Juni 2021, UIII membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui program UIII Scholarship. Program ini terbuka untuk calon mahasiswa dari dalam maupun luar negeri.  “Selama masa pendaftaran dari tanggal 7 Juni 2021 sampai dengan 14 Juli 2021, sebanyak 1009 orang telah melamar UIII scholarship. Pelamar berasal dari 59 negara, dengan komposisi 45% persen berasal dari Indonesia dan 55% persen dari mancanegara,” jelas Bahrul.

Disebutkan oleh Bahrul bahwa mahasiswa dari mancanegara antaralain dari Kanada, Arab Saudi, Mesir, Senegal, dan sebagainya. “Ada juga dari negara-negara Asia lainnya. Yang terdekat, tetangga kita dari Malaysia, Singapura, juga ada,” sambungnya

Berdasarkan hasil dari proses seleksi tersebut, UIII telah menetapkan sebanyak 98 orang mahasiswa dinyatakan layak dan diterima sebagai mahasiswa UIII untuk tahun akademik 2021-2022. Ini terdiri dari 28 orang mahasiswa Program Magister Studi Islam Fakultas Studi Islam dan 23 orang mahasiswa Program Magister Ilmu Politik Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial. Kemudian 22 orang mahasiswa Program Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta 25 orang mahasiswa Program Magister Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Mahasiswa baru UIII terdiri atas 58% persen laki-laki dan 42% persen perempuan dengan rincian 66% persen warga negara Indonesia dan 34% persen warga negara asing.  “Saat ini, perkuliahan baru dibuka untuk program magister. Tahun depan, kita rencanakan akan membuka perkuliahan untuk program doktor pada empat fakultas yang ada,” jelas Bahrul.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain