Kapasitas Masjidil Haram Bisa Kembali Penuh Jamaah Setelah Lama Dibatasi

mataf

Kapasitas Masjidil Haram akan penuh dengan beberapa syarat diantaranya jamaah harus memakai masker dan melakukan reservasi terlebih dahulu. Hal itu dinyatakan Wakil Sekretaris untuk Urusan Masjidil Haram yang memberikan pengumuman Sabtu malam.


Sebelumnya masjid suci ini telah membatasi jamaah selama pandemi covid 19. Bahkan pernah ditutup untuk solat berjamaah. Dengan dibukanya kembali kapasitas masjid menjadikan para jamaah bisa kembali beribadah. Adapun aturan ini tentunya berlaku pada jamaah yang telah divaksin .

“Aturan jaga jarak sudah berakhir di Masjidil Haram,” cuit media lokal dalam laman twitternya @HaramainInfo.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Masjidil Haram, Dr. Saad bin Mohammed Al-Muhaimid, jamaah tetap diwajibkan memakai masker dan melakukan reservasi untuk melakukan umrah dan sholat melalui aplikasi Tawakkalna dan Eatmarna.

Hal ini berlaku juga pada transportasi umum dan di restoran, bioskop, dan mal. Penggunaan masker wajah tidak lagi wajib dalam di luar ruangan, kecuali untuk lokasi tertentu tertentu termasuk dua masjid suci.

Sejumlah kebijakan baru mengenai tata cara beribadah juga diterapkan di du masjid suci. Terlihat pada Sabtu malam (16/10/2021) para pekerja di masjid suci memulai membenahi lantai dengan terlihat mengupas stiker penjaga jarak. Pemerintah Saudi mulai hari Minggu mengumumkan jarak sosial tidak lagi wajib di pertemuan sosial atau di tempat umum.

Selama musim pandemi aktivitas masjid sempat ditutup dan dibatasi. Pembukaannya dilakukan dilakukan dengan beberapa tahap. Termasuk juga kapasitas jamaah Sejak dibuka kembali ibadah umrah kapasitas jamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga terus bertambah.

Pemerintah Saudi juga telah membuka kembali pintunya untuk jamaah umrah dari Indonesia. Saat ini pemerintah sedang dan terus melobi terkait dengan beberapa syarat yang dinilai memberatkan bagi jamaah umrah asal Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain