Mengerikan, Israel akan Bangun 3000 Rumah Lagi di Tepi Barat

pemukiman palestina

PITUTUR ID. Tampaknya Israel akan semakin mencengkeram wilayah Palestina. Dalam minggu ini pemerintahannya menyetujui pembangunan 3000 rumah di wilayah Tepi Barat.


Rencana ini membuat sekutunya, Amerika Serikat menyuarakan keprihatinan atas langkah tersebut. Selain itu rencana pemukiman ini juga mendapat tantangan dari berbagai pihak.

Reaksi Amerika datang dari juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price. Ia mengatakan bahwa pemerintahannya merasa “prihatin” tentang proyek pemukiman Yahudi tersebut.

Price meminta pada pihak israel dan Palestina untuk menahan diri. Menurutnya langkan tersebut diambil agar tidak memperburuk ketegangan dan melemahkan upaya soulis dua negara tang saat ini sedang dilakukan perundingan.

Kelompok anti pemukiman Peace Now menyebutkan bahwa sebuah pemerintah Israel telah menyetujui lebih dari 2.800 rumah akan didirikan untuk pemukiman Yahudi. Hagit Ofran dari kelompok tersebut bahkan mengatakan pembangunan akan dimulai pada tahun depan.

Ditambahkan oleh Ofran pihak Israel juga akan mengizinkan 1.600 unit untuk warga Palestina di wilayah Tepi Barat yang dikuasainya. Namun oleh para kritikus hal ini atas desakan warga Palestina bukan inisiatif dari pemerintah Israel.

Izin yang diberikan oleh Israel ini jelas angkanya sangat kecil bila dibandingkan dengan permintaan izin yang dilakukan oleh ribuan warga Palestina.

Tetapi para kritikus mengatakan langkah itu datang atas inisiatif penduduk desa dan bukan pemerintah Israel, Disamping itu juga angka tersebut tidaks ebangding dengan jumlah permintaan izin oleh warga Palestina selama bertahun-tahun.


Disebutkan bahwa selama ini pembangunan pemukiman Yahudi merupakan salah satu kendala dalam proses negosiasi perdamaian antara Israel dan Palestina. Wilayah Palestina dari Tepi Barat, Jalur Gaza dan Yerusalem Timur direbut Israel dalam perang Timur Tengah tahun 1967.

“Kelompok anti pemukiman Peace Now menyebutkan bahwa sebuah pemerintah Israel telah menyetujui lebih dari 2.800 rumah akan didirikan untuk pemukiman Yahudi ”

Padahal orang Palestina mengklaim sebagai wilayah yang diduduki Israel itu adalah untuk negara masa depan Palestina. Mereka memandang pembangunan permukiman Yahudi yang menampung sekitar 700.000 pemukim sebagai hambatan utama bagi perdamaian.

Oleh masyarakat internasional menganggap pembangunan pemukiman Yahudi itu adalah tidak syah. Akan tetapi pemerintah Israel memandang Tepi Barat sebagai jantung al Kitab dan bagian dari sejarah orang-orang Yahudi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain