Artifak Peninggalan Dinasti Islam Dilelang di Balai Lelang Christie’s

al quran

PITUTUR ID. Balai lelang Christie’s akan menjual beberapa koleksi besar artifak Islam. Jumlahnya 216 item dan harganya bisa melebihi satu juta poundsterling


Tanggal 28 Oktober 2021 balai lelang tersohor di dunia ini akan menjual berapa artifak penting peninggalan Islam di India. Dengan tema Art of the Islamic and Indian Worlds barang-barang yang dilelang antara lain enam potret sultan Ottoman yang dibuat tahun 1600 hingga al Quran peninggalan Dinasti Timurid tahun 1470.

Ada sekitar216 item yang akan dilelang. Harganya dimulai dari beberapa ribu poundsterling hingga angka lebih satu juta pounsterling.

Untuk harga yang paling menonjol koleksi enam potret sultan Ottoman, dibuat sekitar tahun 1600, dengan harga jual maksimum £ 1,2 juta.

Sedangkan naskah Quran yang berasal dari Dinsati Timurid Iran sekitar tahun 1470 juga dilelang dengan harga tinggi. Al Quran dengan kaligrafi Arab yang elegan dan kursif dihias dengan emas. The Thuluth Script dikenal di beberapa salinan tertua dari Quran. Diperkirakan Al Quran ini dilelang dengan harga £20.000 – £30.000.

Selain itu ada bendera dengan hiasan berbagai ayat Al-Qur’an. Harganya ditaksir antara £ 8000 dan £ 12.000. Bendera ini warisan pasukan Qatar mengalahkan Ottoman di Pertempuran al-Wajibah tahun 1893.

“Naskah Quran yang berasal dari Dinsati Timurid Iran sekitar tahun 1470 juga dilelang dengan harga tinggi. Al Quran dengan kaligrafi Arab yang elegan dan kursif dihias dengan emas.”

Selain itu ada indikator kiblat era Turki Usmani pada tahun 1730 an. Diperkirakan inikatoretunjuk kiblat ini akan dihargai hingga £ 25.000. Alat ini dihiasi dengan gambar dengan rumit.

Selain tu ada lukisan Perawan Maria yang diproduksi pada pertengahan abad 19 yang taksir seharga £ 15.000. Lukisan itu diproduksi di Qajar Iran adalah bagian dari masa dinasti Turki Usmani. Menurut Christie’s, lukisan seperti itu akan digunakan untuk menghias interior rumah.

Terakhir adalah sebuah dokumen amanat kerajaan yang dikeluarkan khalifah Ottoman, Mahmud II, Dokumen tersebut ditujukan kepada Abdullah Agha, kepala wakaf dari dua masjid suci di Mekah dan Madinah sekitar tahun 1830. Oleh balai lelang Christie’s dokumen ini perkiraan berharga hingga £7.000.***

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain