Sebanyak 15 Imam Masjid Asal Indonesia ke UEA

imam masjid

PITUTUR ID. Sebanyak 15 imam masjid asal Indonesia yang lolos seleksi menjadi Imam di Uni Emirat Arab (UEA) diberangkatkan. Para imam ini merupakan permintaan khusus dan Syekh Zayed yang merupakan putra mahkota UEA.


“Ini bukti keseriusan Kemenag untuk menjalankan amanah Presiden terkait hubungan dua negara. Meski sempat terkendala pandemi Covid-19, alhamdulillah 15 imam asal Indonesia bisa diberangkatkan,” ungkap Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin.

Menurut Kamaruddin para imam masjid asal Indonesia menjadi bukti baiknya hubungan yang baik antara dua negara.

“Umat Islam Indonesia memiliki karakter moderat. Baik dalam pemahaman maupun sikap keberagamaan. Hal ini menjadi daya tarik selain kemampuan dalam menghafal, bagusnya suara, tepatnya tajwid, dan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris,” tambahnya.

Disebutkan oleh Koordinator Keberangkatan Imam ke UEA, Udin Saefuddin bahwa jumlah imam yang diberangkatkan merupakan hasil seleksi awal tahun 2021.

“Umat Islam Indonesia memiliki karakter moderat. Baik dalam pemahaman maupun sikap keberagamaan. Hal ini menjadi daya tarik selain kemampuan dalam menghafal, bagusnya suara, tepatnya tajwid, dan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris.”

“Imam yang diberangkatkan malam ini merupakan hasil seleksi bulan Maret 2021 oleh Otoritas UEA. 28 imam lulus, mengundurkan diri 1 orang, meninggal dunia 1 orang, 3 orang tidak lulus medical check up (MCU),” ujar Udin.

Seleksi yang menyisakan 23 imam, hanya 15 orang yang bisa terpilih. Adapun 8 peserta terkendala persoalan administrasi. “Target Kemenag yang 8 imam akan menyusul di pertengahan November, insyaallah,” tambah Udin.

Nantinya 15 imam ini akan langsung dijemput oleh Kedutaan Besar Indonesia di Abu Dhabi. Bahkan sejumlah warga negara Indonesia menyambutnya secara khusus. .

“Kami menerima info, WNI di Abu Dhabi menyambut dengan antusias. Setelah istirahat di Kedubes Indonesia di Abu Dhabi, mereka akan langsung ditugaskan di Rosul Khoimah, Fujairah, dan Dafrah,” pungkas Udin.

Adapun 15 orang yang terpilih berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Papua Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Riau, Aceh dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Para imam masjid merupakan permintaan khusus putra mahkota UEA kepada presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Dan proses seleksi sendiri dilakukan oleh Kementerian Agama RI. ***

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain