Waktu yang Afdol untuk Membaca dan Mengkhatamkan Al Quran

Membaca al Quran mempunyai banyak keutamaan. Salah satunya dapat memberi syafaat di hari kiamat kepada yang membacanya.  Sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim bahwa Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Alquran, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya.”

Allah Taa’la berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, gar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri”. (Q.S Al Fatir ayat 29-30)

Sebetulnya tidak ada waktu yang makruh untuk membaca Al Quran, kecuali waktu-waktu yang dilarang menyebut nama Allah SWT. Akan tetapi ada waktu yang lebih utama (afdol) untuk membaca al Quran. Diantara waktu yang afdol untuk membaca Al Quran adalah :

  1. Waktu antara magrib dan isya
  2. Sepertiga malam
  3. Jika siang hari adalah ketika selesai solat fardhu
  4. Sesudah solat subuh

Adapun waktu-waktu utama untuk memulai atau mengkhatamkan Al Quran adalah waktu mana saja yang memang membuat senang untuk memulainya. Sahabat Usman bin Affan biasanya memulainya setiap malam Jumat dan mengkhatamkannya pada malam Kamis. Yang lebih baik adalah mengkhatamkan pada awal malam atau awal siang.

Saad bin Abi Waqash berkata,” Apabila khatam Al Quran bertepatan dengan awal malam, berdoalah para Malaikat untuk orang mengkhatamkannya itu hingga pagi hari, apabila bertepatan khatam Al Quran itu di awal siang hari, maka berdoa para Malaikat untuk orang itu hingga petang hari.”  

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang