Nasehat Imam Ghazali Ketika Hari Jumat Datang

“Kedekatan manusia saat berjumpa Allah tergantung seberapa pagi ia bergegas menuju shalat Jumat.” Demikian pernyataan yang dikutip Imam Al Ghazali tentang mulianya hari Jumat. Maka tidak salah kalau kita harus mempersiapkan diri lebih daripada hari yang lain.

Banyak julukan perihal hari Jumat ini. Ada yang mengatakan hari Jumat dengan nama Idul Mukminin atau hari raya orang mukmin. Ada pula yang menyebutnya dengan sayyidul ayyam atau rajanya hari.  Karena hari Jumat adalah hari mulia, Imam Al Ghazali memberikan petunjuk bagaimana agar Jumat kita lebih bermakna dan bernilai spritualitas. Berikut nasehat Imam Ghazali tentang memuliakan hari Jumat :

  1. Mempersiapkan diri. Imam al-Ghazali menyarankan agar kita mulai mempersiapkan diri pada hari Kamis. Persiapan diri itu antara lain adalah memperbanyak membaca tasbih dan istighfar pada Kamis petang.
  2. Mandilah dan kemudian berhias diri,  Menghias diri dengan pakaian serbaputih adalah pilihan terbaik di hari Jumat, karena merupakan pakaian yang paling dicintai Allah.
  3. Pastikan tampil rapi dan harum. Bila Anda berangkat jumatan, pastikan badan Anda dalam kondisi benar-benar bersih dan harum.  Jangan lupa memotong kuku, sikat gigi, mencukur bulu, atau memakai wewangian. Setelah itu bersegeralah pergi ke masjid.
  4. Carilah barisan paling depan. Imam Ghazali menyarankan untuk mencari barisan paling awal. Namun bila masjid telah penuh hendaklah jangan melangkahi bahu-bahu orang yang sudah datang terlebih dulu. Jangan pula lewat di depan orang yang sedang solat. Sebaiknya mencari lokasi duduk yang dekat dengan dinding atau tiang sehingga tak ada orang lalu lalang di hadapan kalian.
  5. Solat Tahiyatul Masjid. Sebelum duduk, sebaiknya dirikanlah solat Tahiyatul Masjid. Sebaiknya berjumlah empat rakaat.  
  6. Membaca beberapa surat al Quran. Setalah melakukan solat Tahiyatul Masjid sebaiknya membaca beberapa surat Al Quran yaitu   surat al-An‘am, al-Kahfi, Toha, dan Yasin. Bila tak sanggup, bisa diganti surat Yasin, ad-Dukhan, as-Sajdah, dan al-Mulk.

Ditambahkan oleh Imam Ghazali bahwa membaca surat-suratdiatas penting pula dibaca ketika malam Jumat. Hal itu disebabkan karena memiliki banyak keutamaan atau faedah. Namun bagi  yang tidak sanggup cukup membaca surat al-Ikhlas dan selawat kepada Rasulullah sebanyak-banyaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang