Waktu Tepat untuk Berdoa di Hari Jumat

Bagi umat islam hari Jumat memiiki keistimewaan. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa hari Jumat adalah rajanya hari. Padi hari itu banyak keutamaan atau fadilah bila mengerjakan amal kebaikan.  

Pada hari Jumat ada waktu istimewa ketika kita memanjatkan doa. Imam Al Ghazali dalam kitabnya yang berjudul Bidâyatul Hidâyah menyebut hari Jumat sebagai hari raya kaum mukmin dan menyarankan untuk mempersiapkan diri pada hari Kamis dengan berbagai kegiatan.  

Saking istimewanya, pada hari jumat ada beberapa waktu yang menyebabkan terkabul doanya dibanding dengan hari lainnya.  Lalu, kapan waktu mustajab tersebut? Ada beberapa keterangan tentang hal ini.

Rasulullah SAW bersabda: “Di hari Jum’at ada waktu yang tidaklah seorang muslim berdiri melaksanakan sholat dan meminta sesuatu kepada Allah SWT, kecuali akan dikabulkan sesuai permintaannya. (HR. Muttafaq Alaihi)

Adapun waktu mustajab untuk berdoa adalah sebagai berikut

Pertama, waktu di antara imam duduk di atas mimbar sampai selesai sholat. Ini berdasarkan hadis dari Abu Burdah ra. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim. Rasulullah Saw. bersabda,

هي ما بين ان يجلس الامام الى ان تقضى الصلاة

Waktu mustajab itu adalah antara imam duduk di atas mimbar hingga selesai sholat.

Kedua, dia akhir waktu setiap jam di hari jum’at. Ini berdasarkan hadis dari Abdullah Bin Salam. Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Rasulullah Saw. bersabda:

اخر ساعة من ساعات النهار

(Waktu mustajab itu) Di akhir waktu (jam) dalam waktu seharian penuh.

Ketiga, waktu antara sholat ashar sampai terbenam matahari. Ini berdasarkan hadis dari Jabir bin Abdullah. Hadis ini diriwayatkan oleh Abu Daud dan an-Nasa’i.

Rasulullah Saw. bersabda;

انها ما بين صلاة العصر وغروب الشمس

Sesungguhnya waktu mustajab tersebut adalah antara sholat ashar dan terbenamnya matahari.

Itulah ketiga waktu mustajab untuk berdoa di hari Jumat. Kita bisa memilih, dan juga melakukan semuanya. Tidak ada salahnya kita untuk menghidupkan hari Jumat kita dengan memperbanyak berdzikir dan bdeoa kepada Allah SWT.

(dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang