Tiga Keutamaan Solat Duha

Solat Duha memiliki banyak keutamaan atau fadilah. Karenanya solat yang dilakukan pagi hari hing menjelang siang ini sangatlah dianjurkan. Adapun waktu mengerjakan solat Duha adalah ketika matahari terbit hingga terasa panas menjelang shalat Dhuhur atau sekitar jam 7 hingga 11 menjelang siang hari.

Keutamaan Solat Duga ini sebagaimana sabda Rasulullah ketika berwasiat kepada Abu Hurairah : “Bahwasanya Rasulullah pernah berwasiat tiga hal kepadaku: puasa tiga hari dalam setiap bulan, shalat Duha dua rakaat, dan witir sebelum tidur.”

Keutamaan Solat Duha  ditegaskan oleh Allah melalui Rasulullah saw dalam hadits Qudsinya : “ Dari Abi Darda’ dan Abi Dzar dari Rasulullah saw (langsung) dari Allah Tabaraka wa Ta’ala “ruku’lah untukku empat rakaat di permulaan hari (pagi), maka Aku akan mencukupi-Mu di sisa hari-Mu”

Tentunya berdasarkan hadis tersebut wasiat Nabi tersebut tidak hanya khusus bagi Abu Hurairah, tetapi berlaku untuk seluruh kaum muslimin. Disebutkan bahwa beberapa hadis menerangkan tentang manfaat atau faedah Solat Duha. Berikut beberapa hadis yang dilansir dari laman nu.or.id :

  • Mendapatkan ampunan. Dalam hadits riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dijelaskan bahwa orang yang membiasakan solat Duha dosanya akan diampuni oleh Allah SWT, meskipun dosa tersebut sebanyak buih di lautan. Rasulullah bersabda sebagai berikut.

من حافظ على شفعة الضحى غفرت له ذنوبه وإن كانت مثل زبد البحر

Artinya, “Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”

  • Terhindar dari sifat orang lalai terhadap rahmat Allah SWT.  Rasulullah bersabda

 من صلى الضحى ركعتين لم يكتب من الغافلين

Artinya, “Orang yang mengerjakan solat Duha tidak termasuk orang lalai,” (HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’i).

  • Sebagai salah satu bentuk sedekah. Rasulullah SAW bersabda:

 يصبح على كل سلامي من أحدكم صدقة، وأمر بالمعروف صدقة، ونهي عن المنكر صدقة، ويجزئ عن ذلك ركعتان يركعهما من الضحي

Artinya, “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan Solat Duha dua raka’at,” (HR Muslim).

Masih banyak lagi keutamaan Solat Duha yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Untuk itu para ulama sangat menganjurkan kita untuk membiasakan melakukan Solat Duha.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang